PENGARUH PERSEPSI PEMIRSA ATAS ELEMEN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PEMIRSA PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA HIJAU DI SURABAYA

YUDI KRISNO WIBOWO, 049815983 (2007) PENGARUH PERSEPSI PEMIRSA ATAS ELEMEN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PEMIRSA PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA HIJAU DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-wibowoyudi-4773-b8207-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-wibowoyudi-4773-b8207.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengaruh Persepsi Pemirsa Atas Elemen Iklan di Televisi Terhadap Sikap Pemirsa Pada Iklan Rokok Sampoerna Hijau di Surabaya" ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Persepsi Pemirsa Atas Elemen Iklan di Televisi yang terdiri dari kata-kata yang terucap, musik, kata-kata yang terlihat, gambar, warna dan gerakan terhadap sikap pemirsa pada iklan rokok Sampoerna Hijau di Surabaya. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, yaitu pemirsa yang telah melihat iklan rokok Sampoerna hijau minimal 2 dan telah berusia lebih dari 18 tahun ke atas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel tergantung dan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel tergantung. Untuk uji asumsi klasik yang digunakar. yaitu uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan baik secara individu maupun secara bersama-sama dari keenam variabel bebas terhadap variabel tergantung. Dari hasil perhitungan statistik secara total. diperoleh formula Y = -1,218 + 0,211 X1 + 0,228 X2 + 0,219 X3 +0,206 X4 + 0,240 X5+ 0,220 X6 . Nilai uji t untuk variabel kata-kata yang terucap, musik, kata-kata yang terlihat, gambar, warna dan gerakan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap pemirsa pada iklan rokok Sampoerna Hijau di Surabaya, dengan tingkat signifikansinya lebih kecil dari 5 %. Untuk nilai uji F menunjukan nilai 38,957 yang jauh lebih besar dari nilai F tabel, berarti 6 variabel bebas ini secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap pemirsa pada iklan Rokok Sampoerna Hijau di Surabaya. Koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan oleh model regresi ini sebesar 0,715 atau dapat diartikan sumbangan pengaruh keenam variabel bebas terhadap variabel dependen sebesar 71,5%, sedangkan 28,5% dijelaskan oleh faktor lain diluar model regresi. Untuk uji asumsi multikolinieritas dan heteroskedastisitas, model regresi yang digunakan bebas dari asumsi klasik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 82/07 Wib p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING - TELEVISION PROGRAMS; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YUDI KRISNO WIBOWO, 049815983UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorV. Henky Supit, Prof.,Drs.,Ec.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 14 Jun 2007 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1114
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item