PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITOR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN ATAS OBYEK JAMINAN YANG TERKENA PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM

NOVIE MAYA SARI, 030610240 (2010) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITOR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN ATAS OBYEK JAMINAN YANG TERKENA PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-sarinoviem-14982-fh.140--p.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sarinoviem-14982-fh.140--p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian Utang-Piutang atau Perjanjian Kredit merupakan kegiatan penunjang perekonomian yang memudahkan seseorang debitor, sebagai pihak peminjam uang dalam memenuhi kebutuhannya, juga disamping itu menguntungkan pihak Kreditor selaku pemberi pinjaman melalui bunga dari sejumlah pinjaman tersebut. Sebelum memberikan pinjaman pada debitor, kreditor melakukan analisis faktorfaktor yang mempengaruhi kesanggupan dan kemauan debitor dalam melunasi utangnya melalui analisis faktor 5C, namun hal itu saja tidak cukup menjamin terlunasinya utang kreditor. Cara yang digunakan sebagai pengaman adalah adanya harta debitor yang dijaminkan pada kreditor, sehingga jika debitor wanprestasi, maka kreditor dapat mengambil pelunasan dari penjualan benda jaminan tersebut. Namun, dalam masa perjanjian kredit dan jaminan, obyek jaminan tersebut tidak selamanya bebas dari perubahan atau “gangguan” sehingga nilainya tidak lagi sesuai dengan jumlah utang yang telah diberikan. Seperti dalam hal adanya proyek pengadaan tanah untuk kepentingan umum yang mengenai obyek jaminan, dalam hal ini adalah tanah dan benda-benda yang melekat diatasnya. Perlindungan hukum terhadap kreditor pemegang hak tanggungan dalam hal ini merupakan sesuatu yang krusial ditinjau dari macam bentuk ganti ruginya. Serta mekanisme Pengadaan Tanah untuk pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum terkait dengan hak tanggungan dan upaya-upaya hukum yang dapat dilakukan kreditor agar kedudukannya sebagai kreditor yang didahulukan pelunasannya tetap terjamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 FH. 140/10 Sar p
Uncontrolled Keywords: PROTECTION-LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
NOVIE MAYA SARI, 030610240UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLEONORA BAKARBESSY, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 12 Apr 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item