PEMINDAHAN HAK MILIK ATAS TANAH MELALUI HIBAH

Justicia Dhara V. Awuy, 030610049 (2010) PEMINDAHAN HAK MILIK ATAS TANAH MELALUI HIBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-awuyjustic-14988-fh.144--p.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-awuyjustic-14988-fh.144--p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemindahan Hak Milik atas tanah dapat dilakukan melalui berbagai perbuatan hukum salah satunya dengan cara hibah. Hibah sendiri merupakan suatu persetujuan dengan mana seorang penghibah menyerahkan suatu barang secara cuma-cuma, tanpa dapat menariknya kembali, untuk kepentingan seseorang yang menerima penyerahan barang itu. Kebanyakan masyarakat belum mengetahui dengan jelas dan tepat tentang hibah sesuai dengan hukum yang berlaku. Sehingga di kemudian hari sering muncul permasalahanpermasalahan hukum akibat hibah yang tidak sah menurut hukum Indonesia. Hal ini diakibatkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hibah. Hibah memiliki prosedur dan syaratsyarat tertentu yang harus dipenuhi agar hibah tersebut menjadi sah. Arti penting sahnya hibah mencegah munculnya permasalahan-permasalahan hukum yang timbul di kemudian hari dan dapat merugikan para pihak. Pemindahan Hak Milik atas tanah melalui Hibah perlu ditinjau secara yuridis agar lebih menjamin kepastian hukum. Karena dalam kehidupan bermasyarakat masalah hukum selalu timbul di kemudian hari setelah Hibah dilakukan. Hal tersebut dapat merugikan penerima Hibah untuk memperoleh kepastian hukum. Pentingnya pengetahuan akan prosedur dan syarat sahnya pemindahan Hak Milik atas tanah melalui Hibah dapat menjamin kepastian hukum bagi pemegangnya sehingga tidak akan muncul permasalahan hukum yang mengancam pemegang Hak Milik atas tanah. Prosedur pemindahan Hak Milik atas tanah melalui Hibah mempunyai karakteristik khusus, berbeda dengan pemberian hadiah pada umumnya. Sehingga perlunya pengkajian yang khusus agar tidak muncul kerancuan dalam masyarakat yang kemudian dapat menimbulkan penyalahgunaan Hibah. Skripsi ini akan membahas tentang syarat-syarat sah pemindahan Hak Milik atas tanah melalui Hibah, dimana terlebih dahulu menerangkan tentang pengaturan Hibah dalam Hukum Tanah Nasional dan kemudian membahas tentang persyaratan Hibah yang terdiri dari syarat materiil dan syarat formil dalam pemindahan Hak Milik atas tanah melalui Hibah. selain itu juga akan membahas mengenai prosedur pemindahan hak Milik atas tanah melalui Hibah dengan menguraikan di dalamnya tentang tata cara pemindahan Hak Milik atas tanah melalui Hibah dan pengaturan pendaftaran tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 FH. 144/10 Awu p
Uncontrolled Keywords: LAND TENURE-LAW AND LEGISLATION LAND REFORM-LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > KB Religious law in general
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB640-726 Property. Res in commercio
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Justicia Dhara V. Awuy, 030610049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUrip Santoso, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 12 Apr 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item