PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH DAN RUMAH YANG DISEWA OLEH PIHAK KETIGA

DWIKI RAISATY, 030710178 (2011) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITOR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH DAN RUMAH YANG DISEWA OLEH PIHAK KETIGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
completedwiki.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-raisatydwi-15717-fh.23-11-p.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-raisatydwi-15717-fh.23-11-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian kredit sebagai perjanjian obligatoir melahirkan perikatan dan juga hak dan kewajiban bagi para pihaknya. Perjanjian kredit dapat juga diikuti dengan adanya perjanjian jaminan. Perjanjian jaminan merupakan perjanjian ikutan (accessoir) dari perjanjian kredit. Lembaga jaminan kebendaan di Indonesia ada empat, yakni gadai, fidusia, hipotek, dan hak tanggungan. Diantara keempat lembaga jaminan yang ada tersebut, lembaga jaminan hak tanggungan adalah lembaga jaminan kebendaan yang paling disukai oleh bank karena tanah yang menjadi obyek jaminannya nilainya selalu meningkat setiap tahunnya. Namun, ada kemungkinan nilai dari tanah tersebut menjadi turun, yakni dengan disewakannya obyek jaminan hak tanggungan, dalam hal ini adalah tanah dan rumah oleh pihak ketiga. Disewakannya tanah dan rumah ini oleh pihak ketiga dapat terjadi dalam dua hal, yakni sebelum perjanjian jaminan dibuat atau setelah perjanjian jaminan dibuat. Diperlukan adanya perlindungan hukum bagi kreditor mengingat bahwa pihak penyewa telah dilindungi oleh undangundang. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pihak kreditor ialah dengan dibuatnya surat pernyataan obyek sewa menyewa yang ditandatangani oleh pihak penyewa yang di dalamnya berisi mengenai kesanggupan dari pihak penyewa untuk meninggalkan tanah dan rumah tersebut apabila diperintahkan oleh pihak bank akibat dari debitor wanprestasi. Jika pihak ketiga, yakni penyewa menolak untuk melakukan pengosongan rumah, maka pihak bank akan melakukan upaya represif,yakni dengan langkah persuasif dan juga langkah hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 FH. 23/11 Rai p
Uncontrolled Keywords: CREDITORS-LEGAL PROTECTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DWIKI RAISATY, 030710178UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLEONARO BAKARBESSY, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 30 May 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11202
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item