ANALISIS POSITIONING SABUN CUCI DETERJEN BUBUK DAIA DIANTARA PESAING-PESAINGNYA DITINJAU DARI PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT YANG DITAWARKAN DI SURABAYA

BAGUS NDARI AJI, 040124243 E (2005) ANALISIS POSITIONING SABUN CUCI DETERJEN BUBUK DAIA DIANTARA PESAING-PESAINGNYA DITINJAU DARI PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT YANG DITAWARKAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ajibagusnd-6138-b23405-k.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-ajibagusnd-6138-b23405.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai analisis positioning sabun cuci deterjen bubuk Daia terhadap pesaingnya. Latar belakang masalahnya adalah persaingan yang semakin hebat dalam industri sabun cuci deterjen bubuk dengan semakin banyaknya merek dalam kelas produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi sabun cuci deterjen bubuk Daia terhadap para pesaingnya, berdasarkan persepsi konsumen pada atribut-atribut yang telah diidentifikasikan. Manfaat penelitian yang bisa diperoleh adalah mengetahui posisi sabun cuci deterjen bubuk Daia terhadap pesaingnya dan mengetahui pesaing terdekat sabun cuci deterjen bubuk Daia. Para pesaing yang dilibatkan dalam penelitian ini didapat melalui focus group yaitu Attack, Rinso, Surf, So-klin, Total, B-29, dan Wow. Atribut-atribut produk yang dianalisis juga diidentifikasi melalui focus group yaitu Keterkenalan Merek, Desain Kemasan, Kemudahan Mendapat, Daya Cuci, Harga, Keharuman, dan Kelembutan ditangan. Pengertian penentuan posisi adalah tindakan merancang tawaran dan citra perusahaan sehingga menempati posisi yang terbedakan (diantara) pesaing di benak pelanggan sasarannya (Kotler, 2002 : 341). Dimana model analisis yang dipakai dalam penelitian ini diadopsi dari steps in the positioning process yang dikemukakan oleh Walker, Boyd, and Larreche (1999 : 199), sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Multidimensional Scaling. MDS tersebut menghasilkan Spatial Map (peta ruang) dengan dua dimensi yang menggambarkan posisi sabun cuci deterjen bubuk Daia terhadap para pesaingnya. Hasil penelitian menemukan, bahwa Daia berada pada posisi ke-2 pada dimensi 1 (Daya Cuci) yang berarti dipersepsikan sebagai yang sangat ampuh dalam membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian. Sementara pada dimensi 2 (Kemudahan Mendapat) berada pada posisi ke-7, yang berarti konsumen kesulitan dalam memperoleh produk Daia hal ini bisa saja dipengaruhi oleh keterkenalan merek produk pesaing. Sedangkan pesaing terdekat Daia adalah Total.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 234/05 Aji a
Uncontrolled Keywords: POSITIONING (ADVERTISING); CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS NDARI AJI, 040124243 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Utami, Dra.,Ec.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 16 Feb 2008 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 15:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item