ASPEK KONTRAKTUAL LETTER OF CREDIT REVOCABLE

Rizqi Aulia Rahmi, 030710233 (2011) ASPEK KONTRAKTUAL LETTER OF CREDIT REVOCABLE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahmirizqi-19032-fh.48-11-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahmirizqi-15830-fh.48-11-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendalami dan mengupas cara kerja dan karakteristik Letter of Credit yang berbentuk Revocable dengan adanya penulisan mengenai karakteristik L/C maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan pengetahuan di dalam teori mengenai cara pembayaran tersebut berserta segala bentuk permasalahannya.Di antara cara pembayaran ternyata Letter of Credit atau surat kredit Berdokumen dianggap sebagai suatu cara pembayaran yang paling ideal saat ini.Di dalam skripsi ini penulis juga memberikan sedikit gambaran tentang hal ikhwal cara apembayaran yang dianggap ideal tersebut.Walaupun pada hakekatnya dalam mekanisme pembayaran Letter of Credit hanya terdapat tiga pihak utama yaitu pembeli,penjual dan bank pembuka akan tetapi dalam perkembangan bentuk dan jenis ternyata telah melibatkan lebih dari pada itu.Penulis juga mengakaitkan beberapa karakteristik L/C dengan ketentuan hukum perdata mengenai sifat daripada L/C itu sendiri yaitu mengenai Penanggungan(Borthoch)yang seharusnya memperhatikan beberapa ketentuan dari bentuk dan format dari perjanjian,sehingga di dalam penulisan mengupas apakah ketentuan yang ada di dalam L/C sudah sesuai dengan format perjanjian pada umumnya.Penulis jg membahas tentang tanggung gugat Bank selaku penjamin. Adapun bahan yang digunakan untuk menyusun penulisan skripsi ini diambil dari berbagai literature,ketentuan undang-undang,peraturan pemerintah,Surat Edaran Bank Indonesia dan ketentuan-ketentuan lain yang terkait dan berlaku di Negara kita.Disamping itu penulis juga berpedoman pada dan menyesuaikan dengan ketentuan Internasional yang dikeluarkan oleh Internasional Chamber of Commerce(ICC),terutama ketentuan yang diatur di dalam Uniform Customers and Practice for Documentary Credits. Hasil dari pembahasan Skripsi yang ditulis oleh penulis adalah Karakteristik revocable L/C yaitu L/C yang dapat diubah atau dibatalkan sewaktu-waktu oleh bank penerbit tanpa pemberitahuan lebih dahulu kepada penerima. Akan tetapi bank penerbit harus melakukan pembayaran kembali kepada bank yang ditunjuk yang telah melakukan pembayaran L/C kepada penerima atas dasar dokumen-dokumen yang diajukan yang sesuai dengan persyaratan L/C dan tidak menerima pemberitahuan perubahan dan pembatalan L/C sebelum dilakukan pembayaran dimaksud. Bentuk tanggung gugat bank sebagai penjamin dalam revocable L/C adalah bank dapat digugat oleh penerima L/C dengan gugatan perbuatan melanggar hukum jika perubahan atau pembatalan syarat-syarat dokumen L/C tidak sesuai dengan kesepakatan antara pemohon L/C (Pembeli) dengan penerima L/C (Penjual) walaupun terdapat keleluasaan bagi bank merubah ataupun membatalkan L/C tersebut tanpa memberitahukan kepada penerima L/C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 FH.48/11 Rah a
Uncontrolled Keywords: LETTER OF CREDIT BANKS AND BANKING
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Rizqi Aulia Rahmi, 030710233UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMOCH. ISNAENI, Prof. Dr. S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 21 Jun 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item