PEMISAHAN DIRI MONTENEGRO DARI FEDERASI UNI NEGARA SERBIA DAN MONTENEGRO

NOVITA EKA ARISTYA, 070610232 (2011) PEMISAHAN DIRI MONTENEGRO DARI FEDERASI UNI NEGARA SERBIA DAN MONTENEGRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-aristyanov-19052-fis.hi.1-k.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-aristyanov-15848-fis.hi.1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Serbia dan Montenegro memiliki sejarah yang menarik. Sejak tahun 1918, kedua negara tersebut berada dalam kesatuan (federasi). Di satu sisi, Serbia dan Montenegro memilik kesamaan nilai, seperti agama dan kemiripan bahasa, namun di sisi lain, kedua negara juga memiliki beberapa perbedaan, meliputi sistem politik, ekonomi, dan sosial. Hubungan antara Serbia dan Montenegro berjalan buruk, khususnya ketika Serbia dan Yugosavia berada di bawah kepemimpinan Milosevic. Montenegro mulai melakukan usaha untuk lepas dari federasi di awal tahun 1990an dan berakhir dengan dilaksanakannya referendum kemerdekaan pada tahun 2006. Penelitian ini berusaha menjelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi keputusan pemisahan diri Montenegro dari federasi Uni Negara Serbia dan Montenegro dengan menggunakan teori self-determination dan teori secession (pemisahan diri). Serbia dan Montenegro dilihat sebagai dua negara semi-independent. Melalui analisis berdasarkan informasi dan data, serta dikaitkan dengan teori yang digunakan, maka dapat ditemukan bahwa alasan Montenegro untuk memisahkan diri adalah kebutuhan akan hak untuk menentukan masa depannya sendiri, jumlah kerugian sebagai anggota federasi dan keuntungan melakukan pemisahan diri yang lebih banyak dari keuntungan sebagai anggota federasi dan kerugian melakukan pemisahan diri, serta kebutuhan akan kebebasan penuh, peningkatan efisiensi, perbaikan sejarah, dan dikuatkan dengan adanya konstitusi yang mengatur mengenai pemisahan diri. Kata Kunci: Serbia dan Montenegro, federasi, self-determination, pemisahan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.HI.101/10 Ari p
Uncontrolled Keywords: SELF-DETERMINATION
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ63-1153 Sources > JZ221-1153 By region or country
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
NOVITA EKA ARISTYA, 070610232UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 22 Jun 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11251
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item