PENGESAHAN PERJANJIAN PINJAMAN DAN HIBAH LUAR NEGERI DALAM HUKUM NASIONAL

ALDY DIO BAYU BRAMANTYA, 030810037 (2012) PENGESAHAN PERJANJIAN PINJAMAN DAN HIBAH LUAR NEGERI DALAM HUKUM NASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FH.87-12 Bra p abstrak.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH.87-12 Bra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional, timbul adanya masalah yang berkaitan mengenai kewajiban untuk memasukkan perjanjian pinjaman dan hibah luar negeri sebagai salah satu perjanjian yang wajib disahkan dengan Undang-Undang. Permasalahan yang timbul adalah atas adanya perbedaan tentang sifat publik dan privat yang dimiliki perjanjian pinjaman dan hibah luar negeri. Beberapa pendapat ahli menggolongkan perjanjian tersebut sebagai perjanjian internasional (karena dibuat oleh subyek hukum internasional yaitu negara) namun tunduk pada hukum perdata. Sedangkan, pendapat lain menggolongkan perjanjian tersebut sebagai perjanjian publik karena selain subyeknya adalah Negara, tanggung jawab, serta keberlakuannya berada di ranah publik. Penulis akan membahas mengenai pengertian perjanjian pinjaman dan hibah luar negeri, sifat publik dan privat dari perjanjian pinjaman dan hibah luar negeri, mekanisme pengesahan perjanjian, serta disertai analisa atas perjanjian pinjaman yang pernah dilakukan Indonesia dengan Negara Jepang, Jerman, dan Italia. Akhirnya pada bagian penutup dapat disimpulkan bahwa tidak semua perjanjian pinjaman dan hibah luar negeri adalah perjanjian internasional yang dimaksud dalam Konvensi Wina 1969, dan persetujuan DPR diperlukan bagi perjanjian pinjaman dan hibah luar negeri yang bersifat publik saja sebagai bentuk tanggung jawab perwakilan rakyat atas suatu pinjaman dan hibah luar negeri yang menjadi beban keuangan negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.87/12 Bra p
Uncontrolled Keywords: perjanjian internasional, pinjaman, hutang, hibah, luar negeri, loan, grant, agreement, pengesahan.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
ALDY DIO BAYU BRAMANTYA, 030810037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorAKTIEVA TRI TJITRAWATI, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 05 Jul 2012 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 07:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11296
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item