DISPARITAS PEMIDANAAN OLEH HAKIM DALAM TINDAK PIDANA PERKOSAAN TERHADAP ANAK

IKE DYAH PERMATASARI, 030810106 (2012) DISPARITAS PEMIDANAAN OLEH HAKIM DALAM TINDAK PIDANA PERKOSAAN TERHADAP ANAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FH.91-12 Per d abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH.91-12 Per d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbicara teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus berkembang dan menjadi hal penting dalam kehidupan. Kemajuan teknologi membawa dampak positif dan negative bagi kehidupan. Dampak negatif dari kemajuan teknologi salah satunya terlihat dari meningkatnya kejahatan yang ada di masyarakat, seperti perkosaan, pencurian, dan lain sebagainya. Perkara perkosaan yang terjadi di Indonesia harus ditanggulangi, salah satunya dengan hukum pidana. Perkosaan terdapat dalam pasal 285 KUHP. Dalam memutus perkara perkosaan hakim tidak bisa seenaknya menjatuhkan pidana, berdasar pasal 183 KUHAP hakim dalam memutus harus memiliki minimal 2 alat bukti dan hakim harus yakin bahwa terdakwalah yang melakukannya. Berdasarkan keyakinan hakim inilah, hakim dapat bebas memutuskan pidana berapa yang dijatuhkan, akibatnya hal tersebut dapat menimbulkan disparitas pemidanaan. Adanya dipsritas pemidanaan menunjukkan adanya kegagalan dalam mencapai keadilan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melihat sistem hukum Negara Indonesia, terjadinya disparitas pemidanaan tidak dapat dicegah. Pembentuk undang-undang hanya mengisyaratkan adanya pidana minimum dan maksimum, maka hakim dapat bergerak bebas di antara pidana minimum dan maksimum tersebut. Namun terjadinya disparitas pemidanaan dapat diminimalisir, disparitas menjadi wajar apabila beda rentang pemidanaan hanya berbeda beberapa bulan atau maksimal 1 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.91/12 Per d
Uncontrolled Keywords: dipsritas
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
IKE DYAH PERMATASARI, 030810106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorBambang Suheryadi, S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 05 Jul 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item