BEBERAPA HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH PADA PT. PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KOTAMADYA SURABAYA BESERTA PENYELESAIANNYA

SUINDRIYATI, 038111044 (1986) BEBERAPA HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH PADA PT. PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KOTAMADYA SURABAYA BESERTA PENYELESAIANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2013-suindriyat-25064&no=5

Download (1kB)
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 Per 833-86 Sui b.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah tanah dewasa ini merupakan masalah yang cukup peka dan rumit, oleh karena itu perlu suatu penanganan yang serius dari pemerintah baik dalam proses / prosedurnya maupun dalam pelaksanaannya, sehingga tidak ada pihak tertentu yang mencari keuntungan untuk dirinya sendiri. Hal inilah yang menjadi penyebab keresahan dalam masyarakat yang merupakan salah satu penghambat pembangunan dewasa ini. Pada asasnya hambatan yang biasa dialami oleh pihak swasta adalah disebabkan kurang adanya pengertian mengenai besarnya ganti rugi atas tanahnya yang kena pembebasan, yang sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi, sebab ganti rugi tersebut pelaksanaannya harus dilakukan secara musyawarah dengan cara tidak saling merugikan, sehingga ada rasa kepuasan dari para pihak. Tetapi tidak jarang pula terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Dalam hal ini wajib bagi pemerintah daerah untuk mengawasi pelaksanaan pembebasan dan ganti rugi yang dilakukan pihak swasta terhadap masyarakat pemilik tanah ataupun sebaliknya dari pihak masyarakat yang tidak rela untuk melepaskan tanahnya dengan pertimbangan-pertimbangan lain, terutama pertimbangan ekonomis. Hal inilah yang mendorong pihak masyarakat untuk meminta ganti rugi yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Per.833/86 Sui b
Uncontrolled Keywords: pembebasan hak tanah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
SUINDRIYATI, 038111044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorSoedalhar, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 28 Jun 2013 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 08:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item