PENERAPAN TARGET COSTING DENGAN PROCESS VALUE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN PADA PT "X" DI SURABAYA

SRI WAYUTI, 040117226 (2005) PENERAPAN TARGET COSTING DENGAN PROCESS VALUE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN PADA PT "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wayutisri-5803-a28105-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wayutisri-5803-a28105.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring meningkatnya perkembangan teknologi informasi dan ketatnya persaingan menyebabkan konsumen lebih leluasa mendapatkan produk yang diinginkan. Disini selain kualitas yang tinggi, harga jual yang ditawarkan pada konsumen juga berperan penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Saat ini PT "X" sedang menghadapi persaingan yang ketat. Antara produk PT "X" dan pesaingnya memiliki kualitas produk dan pangsa pasar yang sama tetapi yang membedakan adalah tingkat harga jualnya. Harga jual produk PT "X" jauh lebih tinggi daripada harga jual pesaing, sehingga pangsa pasar PT "X" jauh lebih kecil. Oleh karena itu PT "X" harus melakukan upaya untuk menekan biaya produknya seefisien mungkin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan target costing yang didukung dengan process value analysis yaitu dengan melakukan analisis aktivitas yang ada di perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada PT "X" di Surabaya dengan batasan penelitian pada tingkat harga jual kompetitif, tingkat laba yang diharapkan perusahaaan dan aktivitas-aktivitas produksi yang dilakukan perusahaan Dengan menggunakan target costing dan process value analysis, PT "X" dapat menghemat biaya produksi 4,11% dari total biaya produksi. Dengan mereduksi aktivitas-aktivitas tidak bernilai tambah (non value added activities) secara bertahap, PT "X" dapat menurunkan biaya produknya dari Rp 1.138,00/unit menjadi Rp 1.091,00/unit. Turunnya biaya produk per unit menyebabkan turunnya harga jual dari Rp 1.250,00 menjadi Rp 1.196,00/unit sehingga PT "X" dapat meningkatkan daya saingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 281/05 Way p
Uncontrolled Keywords: Target costing, proces value analysis, non value added activity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SRI WAYUTI, 040117226UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 16 Jan 2008 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 15:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1138
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item