PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA OLEH PT. ASTEK (PERSERO) CABANG UTAMA S U R A B A Y A

NUNIK SRIHARUNI, 038812766 (1994) PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA OLEH PT. ASTEK (PERSERO) CABANG UTAMA S U R A B A Y A. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2013-sriharunin-25347&no=5

Download (1kB)
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 Dag 366-94 Sri p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suatu proses pembangunan tidak akan berjalan lancer tanpa keter1ibatan pekerja di dalamnya. Sesuai dengan program pemerintah dalam Garis-garis Besar Haluan Negara, maka salah satu wujud modal dasar pembangunan adalah jumlah penduduk yang sangat besar yang dapat dibina dan dikerahkan sebagai tenaga kerja yang efektif. Se1ain merupakan modal dasar pembangunan yang sangat besar, juga menguntungkan bagi usaha pembangunan di segala bidang. Jadi laju pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh efektif tidaknya tenaga kerja termasuk yang mempengaruhi hasil produksi. Struktur perekonomian Indonesia dewasa ini sebagai konsekuensi pembangunan nasional cenderung untuk meningkatkan jumlah pekerja pada perusahaan yang menggunakan peralatan besar dan tekno1ogi modern serta bahan-bahan kimia, sehingga dengan demikian makin besar pula kemungkinan resiko sosial yang terjadi pada setiap pekerja. Karena rendahnya keadaan ekonomi pekerja yang tidak memungkinkan sebagian pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan lain kecuali hanya untuk keperluan hidup seharihari, maka setiap majikan wajib untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, disamping usaha untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Usaha tersebut dapat di tempuh antara lain melalui fasilitas tertentu, tunjangan-tunjangan, maupun pemberian jaminan sosial melalui program Jamsostek. Jadi jelas bahwa majikan tidak boleh memandang pekerja hanya sebagai faktor produksi belaka, melainkan harus pula diperhatikan kesejahteraannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Dag.366/94 Sri p
Uncontrolled Keywords: asuransi sosial
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7470 Insurance
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
NUNIK SRIHARUNI, 038812766UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorSamsari Boentoro, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 08 Jul 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 01:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item