PERLINDUNGAN KHUSUS BAGI PEKERJA WANITA (SUATU STUDI BERDASARKAN DATA DI PT FILTRONA INDONESIA)

HERI SAMSURI, 038712621 (2013) PERLINDUNGAN KHUSUS BAGI PEKERJA WANITA (SUATU STUDI BERDASARKAN DATA DI PT FILTRONA INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT-5.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berhasilnya gerakan emansipasi wanita dalam menentukan persamaan hak antara pria dan wanita telah membawa pengaruh yang besar dalam mengisi kesempatan kerja yang ada dan dalam hal kebijaksanaan tentang ketenagakerjaan di Indonesia. Bidang-bidang pekerjaan yang semula didominasi pekerja pria sekarang sudah diisi pekerja wanita. Hal ini didukung oleh peraturan-peraturan hukum yang berlaku. Pasal 27 ayat 2 UU No. 1 Th. 1974 tentang Perkawinan yang menyatakan bahwa antara suami dan istri mempunyai hak yang sama untuk melakukan perbuatan hukum. Ini berarti ketentuan pasal 1330 KUHPerdata yang menyatakan bahwa pihak wanita tidak cakap melakukan perjanjian kerja sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan hak wanita dewasa ini, hanya saja untuk pelaksanaannya, dalam hubungan kerja, mereka tetap terikat dengan ketentuan-ketentuan ketenagakerjaan/perburuhan. Dalam hal pemerataan kesempatan kerja di Indonesia antara pria dan wanita sudah seimbang, demikian pula dalam hal persamaan hak dan kewajiban. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya pekerja wanita yang bekerja di perusahaan-perusahaan, bahkan tidak jarang pada perusahaan-perusahaan yang memerlukan ketekunan dan kehati-hatian serta keluwesan jumlah pekerja wanitanya lebih banyak daripada jumlah pekerja pria, seperti pada perusahaan tekstil, perusahaan/industri elektronika, industri pengalengan makanan. Pendayagunaan tenaga kerja dalam kaitannya dengan Hubungan Industrial Pancasila dikenal asas partnership (kerjasama). Sejalan dengan itu pendayagunaan pekerja/buruh wanita harus diselaraskan dengan asas tersebut. Selanjutnya agar dapat tercipta suatu hubungan kerja yang selaras dengan asas partnership tersebut di atas buruh perlu dilindungi dari tindakan sewenang-wenang pengusaha sebaliknya pengusaha perlu pula dilindungi dari tuntutan buruh yang tidak masuk akal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Per.1839/94 Sam p
Uncontrolled Keywords: WOMEN EMPLOYEES - PROTECTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1701-1841 Labor law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
HERI SAMSURI, 038712621UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMaarten Leendert Souhoka,, S.H., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Aug 2013 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item