PELAKSANAAN EKSEKUSI TERHADAP PUTUSAN SERTA MERTA (UITVOERBAAR BIJ VOORRAAD)

ARIFARDHANI, YOYO, NIM. 039013161 (2013) PELAKSANAAN EKSEKUSI TERHADAP PUTUSAN SERTA MERTA (UITVOERBAAR BIJ VOORRAAD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 Per.1893_94 Ari p.pdf

Download (945kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Badan peradilan adalah pelaksana kekuasaan kehakiman yang bertugas menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila, dengan tugas lain yang diberikan kepadanya berdasarkan Undang-Undang yang berlaku. Hukum Acara Perdata di pengadilan digunakan apabila ada perselisihan atau persengketaan antara para pihak di mana mereka yang berselisih menempuh jalan lembaga peradilan untuk mengakhiri perse1isihannya. Hal ini terlihat dengan adanya putusan Hakim yang dikeluarkan untuk menyelesaikan perselisihan tersebut. Pihak yang dimenangkan dalam putusan ini tentu mengharapkan agar putusan pengadilan yang memenangkannya dapat dilaksanakan. Suatu putusan untuk dapat dilaksanakan harus mempunyai kekuatan hukum yang pasti (in kracht van gewijde). Suatu putusan Pengadilan Negeri dapat dimungkinkan adanya upaya hukum verzet banding dan kasasi yang dilakukan oleh pihak yang tidak puas terhadap putusan tersebut. Maka untuk dapat memperoleh kekuatan hukum yang pasti harus menunggu dalam waktu yang cukup lama karena adanya upaya hukum lain tersebut di atas. Hal ini sangat merugikan pihak yang dimenangkan karena tidak dapat segera menikmati hasil gugatannya. Kadangkadang adanya upaya hukum yang ditempuh pihak yang dikalahkan tersebut hanya untuk menghambat pelaksanaan putusan Pengadilan. Dalam Hukum Acara Perdata dikenal adanya putusan serta merta (Uitvoerbaar Bij Voorraad), yaitu putusan hakim Pengadilan Negeri yang dapat dijalankan lebih dahulu walaupun ada upaya hukum verzet, banding maupun kasasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Per.1893/94 Ari p
Uncontrolled Keywords: CIVIL LAW
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
ARIFARDHANI, YOYO, NIM. 039013161UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIsmet Baswedan, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Aug 2013 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11477
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item