REKENING TAK BERTUAN PASCA TSUNAMI DI ACEH DALAM PERSPEKTIF KETENTUAN RAHASIA BANK

R.A. Chalinda K Hapsari, 030416062 (2008) REKENING TAK BERTUAN PASCA TSUNAMI DI ACEH DALAM PERSPEKTIF KETENTUAN RAHASIA BANK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hapsarirac-9089-abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-hapsarirac-8173-fh285_0-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tejadi hubungan hukum antara nasabah dengan bank yang meliputi hubungan yang didasarkan atas kepercayaan dan hubungan yang didasarkan atas dasar kerahasiaan. Hubungan atas dasar kepercayaan maksudnya bahwa penyimpan dana yang bertindak sebagai pihak kreditur percaya bahwa uang simpanannya digunakan sesuai dengan kegiatan usaha bank dan jika akan mengambilnya akan dapat dengan mudah diperoleh, kecuali simpanan dalam bentuk deposito. Hubungan didasarkan atas kerahasiaan bahwa bank sebagai penerima dana simpanan atau debitur akan menjamin kerahasiaan mengenai penyimpan dana dan jumlah simpanannya untuk tidak disampaikan kepada pihak lain, kecuali untuk hal-hal sebagaimana pasal 40 UU Perbankan. Selain itu yang menjadi dasar dalam hubungan hukum yang terjadi antara nasabah penyimpan dana dengan pihak bank adalah perjanjian pinjam-meminjam. sebagaimana diatur dalam pasal 1754-1769 BW. Dalam hubungan hukum yang didasarkan atas perjanjian pinjam-meminjam ini pihak bank bertindak sebagai pihak yang menerima pinjaman atau debitur, sedangkan nasabah penyimpan dana bertindak sebagai pihak yang memberikan pinjaman atau kreditur. Bagi rekening tidak bertuan akibat bencana tsunami ada yang pemilik rekening yang masih hidup dan ada yang telah meninggal dunia. Bagi pemilik rekening yang masih hidup dapat mengurus rekening dengan memberikan surat pernyataan tertulis yang menyatakan bahwa dirinya sebagai pemegang nomor rekening tersebut dilampiri data diri sebagaimana data diri pengurusan sebelumnya, agar bank bersedia memberikan keterangan yang berhubungan dengan penyimpan dana dan jumlah simpanan. Bagi pemilik rekening yang meninggal dunia dan meninggalkan ahli waris disertai dengan surat keterangan waris. Dengan demikian informasi mengenai penyimpan dana dan jumlah simpanan yang diberikan oleh bank tidak terma.suk sebaga membuka rahasia bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FH 285/08 Hap r
Uncontrolled Keywords: CONFIDENTIAL COMMUNICATION-BANKING
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
R.A. Chalinda K Hapsari, 030416062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNURWAHJUNI, S.H., C.N., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 17 Dec 2008 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 16:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item