PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN PADA PT. ADIRA FINANCE

RATIH ATMADEWI, 2009 (2009) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN PADA PT. ADIRA FINANCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2009-atmadewira-9709&no=1

Download (1kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-atmadewira-9709-fh18709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a. Perjanjian Pembiayaan Konsumen ditinjau dari aspek hukum kontrak merupakan salah satu kegiatan usaha pembiayaan yang bersumber pada asas kebebasan berkontrak, sepanjang mengenai rumusan kehendak berupa kewajiban dan hak Perusahaan Pembiayaan Konsumen, selaku penyedia dana dan Konsumen sebagai pihak pengguna dana klausulanya juga dibatasi oleh undang-undang, ketertiban umum, kesusilaan. Hubungan hukum antara perusahaan pembiayaan dengan konsumen didasarkan atas perjanjian pinjam meminjam dan jual beli sebagaimana diatur dalam B.W. b. Hak konsumen pada perjanjian pembiayaan di PT Adira Finance tidak terpenuhi karena adanya klausula baku pada perjanjian pemberian kuasa mutlak yang tidak dapat dicabut kembali. Pahal kuasa mutlak yang berisi pembebanan adalah batal demi hukum, namun hal ini tidak diinformasikan kepada konsumen, selain itu kuasa mutlak yang tidak dapat dicabut kembali mengenai penarikan kendaraan bermotor juga tidak diinformasikan kepada konsumen tentang kelanjutan atas kendaraan bermotor tersebut, apakah akan dijual lelang ataukah dijual di bawah tangan. Pengambilan kendaraan bermotor atas dasar klausula pada perjanjian pemberian kuasa, dengan kata lain PT Adira Finance telah mengambil milik konsumen secara tidak sah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FH 187/09 Atm p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION - LAW & LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RATIH ATMADEWI, 2009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Handayani,, Dr. SH.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 08 Jun 2009 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11531
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item