PEMALSUAN DOKUMEN JAMINAN OLEH NASABAH BANK

REZA PRASETYO HANDONO, 030211439U (2006) PEMALSUAN DOKUMEN JAMINAN OLEH NASABAH BANK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-handonorez-2563-fh325_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemalsuan dokumen jaminan oleh nasabah bank dilakukan dengan menggunakan berbagai macam modus operandi dalam pelaksanaannya, dengan pemalsuan tersebut akan menimbulkan suatu kerugian bagi pihak yang berkaitan dengan kegiatan kredit tersebut. Dan memerlukan suatu upaya untuk menanggulangi pemalsuan dokumen tersebut. Namun dalam pelakasanaan tersebut muncul hambatan yang dapat membongkar pemalsuan tersebut. Pengaturan pemalsuan dokumen jaminan dapat dijerat dengan menggunakan pasal-pasal yang ada dalam KUHP, namun pasal tersebut hanya dapat digunakan untuk pelaku pemalsu dan pengguna dari dokumen palsu tersebut. Dalam hal penyertaan yang dilakukan oleh pegawai bank yang melakukan kerjasama dengan pelaku pemalsu dokumen tersebut hanya dapat dijerat dengan pasal penyertaan dan jugs dengan pasal yang ada dalam undang-undang perbankan. Untuk mengurangi pemalsuan dokumen jaminan oleh nasabah bank yang semakin meningkat dan mengakibatkan kerugian yang besar. Diperlukan adanya suatu kerjasama secara terpadu dari berbagai instansi yang berhubungan dengan jaminan tersebut. Dengan kerjasama tersebut diharapkan akan dapat mempersempit pemalsuan dokumen jaminan. Pasal-pasal yang ada selama ini tidak mengatur secara rinci dari tindakan pemalsuan dokumen jaminan, sehingga ada pihak yang melakukan pemalsuan dokumen jaminan tetapi tidak masuk ke dalam kualifikasi yang dapat dipidana. Untuk hal ini perlu adanya undang-undang yang dapat mengkualifikasi secara luas dari tindak pidana pemalsuan itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 325/06 Han p (ABSTRAK TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: BANKS AND BANKING � COSTUMER SERVICES, BANK LOANS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
REZA PRASETYO HANDONO, 030211439UUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAMBANG SUHERYADI, S.H.M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 12 Oct 2006 12:00
Last Modified: 14 Oct 2016 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11551
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item