BUMD SEBAGAI SALAH SATU WAJIB PAJAK BADAN ATAS PAJAK PENGHASILAN

RAMADHANY YUNIARKO, 03011121 U (2007) BUMD SEBAGAI SALAH SATU WAJIB PAJAK BADAN ATAS PAJAK PENGHASILAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-yuniarkora-4057-fh3707-k.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-yuniarkora-4057-fh3707.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam pelaksanaan pemungutan pajak penghasilan atas BUMD terdapat perbedaan dengan badan usaha lainnya terutama badan usaha milik swasta. Karena alasan kekhususan bentuk yang dimiliki oleh BUMD yang berbeda dengan badan usaha lainnya. Perbedaan itu menyangkut penentuan besarnya angsuran pajak setiap bulan bagi BUMD, yaitu ditentukan berdasarkan besarnya alokasi angsuran pajak yang telah dianggarkan dalam APBD tahun pajak yang bersangkutan, tidak dapat melebihi atau kurang dari alokasi tersebut. Hal ini berakibat pula pada proses penagihannya dalam hal BUMD tidak memenuhi sebagian atau seluruh kewajiban pajaknya, dimana penagihan tersebut akan menyebabkan tagihan angsuran pajak menjadi meningkat maka BUMD mendapat penangguhan peningkatan besarnya angsuran pajak akibat adanya penagihan tersebut karena BUMD tidak dapat membayar melebihi yang telah dianggarkan dalam APBD tahun pajak yang bersangkutan. Perbedaan perlakuan tersebut tidak berarti pelaksanaan pemungutan pajak penghasilan atas BUMD tidak sesuai dan melanggar syarat-syarat pemungutan pajak karena Direktorat Jenderal Pajak berpendapat bahwa penyelesaian terhadap masalah yang timbul dalam pemungutan pajak penghasilan atas BUMD berkaitan dengan kekhususan bentuk dari BUMD itu sendiri tidak terdapat pelanggaran terhadap syarat-syarat dalam pemungutan pajak. Artinya semua prosedur yang diterapkan tetap berdasarkan ketentuan Undang-undang Perpajakan. Dalam hal penangguhan peningkatan besarnya tidak berarti pembebasan kewajiban BUMD terhadap peningkatan angsuran tahun pajak berjalan, tetapi penangguhan ini dilakukan dengan tujuan penyesuaian terhadap peraturan dan kekhususan bentuk Badan Usaha Milik Daerah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 37/07 Yun b
Uncontrolled Keywords: INCOME TAX
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2338 Taxation of government property
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RAMADHANY YUNIARKO, 03011121 UUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRR. HERINI SITI AISYAH, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 30 Mar 2007 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 17:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item