JUAL BELI SURAT KEPUTUSAN PEMBERIAN HAK MILIK ATAS TANAH

FARA CLAUDIA, 030911171 (2013) JUAL BELI SURAT KEPUTUSAN PEMBERIAN HAK MILIK ATAS TANAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-claudiafar-26505-5.-abstr--.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UUPA memberi wewenang kepada negara untuk menguasai tanah. Atas dasar penguasaan oleh negara inilah maka kerap kali muncul istilah tanah negara. Untuk dapat memiliki tanah negara, maka rakyat Indonesia harus mengajukan permohonan kepada negara. Jenis hak – hak atas tanah negara yang dapat dimohonkan tercantum pada Pasal 16 UUPA. Salah satu jenis hak atas tanah tersebut adalah Hak Milik. Pemohon dapat mengajukan Hak Milik atas tanah negara, dan jika memenuhi syarat maka negara dapat menerbitkan Surat Keputusan Pemberian Hak Milik (SKPHM). Terhadap SKPHM ini maka muncul kemungkinan adanya jual beli atas SKPHM. Keabsahan jual beli SKPHM inilah yang menjadi fokus dalam penulisan skripsi ini. Skripsi ini menggunakan dua pendekatan masalah, yakni pendekatan perundang – undangan dan konseptual. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder, yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis dan interpretasi. Dengan diterbitkannya SKPHM, Hak Milik belum lahir. Hak Milik lahir ketika pemohon memenuhi seluruh persyaratan yang tercantum dalam SKPHM. Inilah yang menyebabkan SKPHM tidak dapat digolongkan sebagai tanda bukti hak. Mengenai persyaratan yang disebutkan di dalam SKPHM, ada SKPHM yang mewajibkan pendaftaran, dan ada pula SKPHM yang tidak mewajibkan pendaftaran. Terdapat SKPHM yang dapat diperjualbelikan dan SKPHM yang tidak dapat diperjualbelikan. SKPHM yang dapat diperjualbelikan adalah SKPHM yang tidak mewajibkan adanya pendaftaran hak atas tanah, sedangkan SKPHM yang tidak dapat diperjualbelikan adalah SKPHM yang mewajibkan adanya pendaftaran hak atas tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 07/13 Cla j
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
FARA CLAUDIA, 030911171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUrip Santoso, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Feb 2013 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11760
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item