PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN PADA STORE ENVIRONMENT TERHADAP PERSEPSI KUALITAS BARANG DAGANGAN DAN DAMPAKNYA PADA STORE IMAGE SOGO DEPARTMENT STORE DI PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA

RENY DYAN K., 040114259 E (2005) PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN PADA STORE ENVIRONMENT TERHADAP PERSEPSI KUALITAS BARANG DAGANGAN DAN DAMPAKNYA PADA STORE IMAGE SOGO DEPARTMENT STORE DI PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-renydyank-6127-b23205-k.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-renydyank-6127-b23205.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsumen pada saat sekarang ini punya alasan dalam berbelanja, bahkan konsumen menginginkan adanya suatu konsep berbelanja yang berbeda. Banyaknya jumlah ritel yang ada sekarang ini menjadikan konsumen semakin selektif dalam menentukan toko mana yang akan mereka jadikan pilihan sebagai tempat belanja. Menghadapi situasi bisnis seperti ini para retailer melihat, bahwa semakin meningkatkannya persaingan dibisnisnya membuat semakin susah membedakan toko mereka jika seolah-olah hanya didasarkan pada barang dagangannya, harga, promosi dan lokasinya. Pengecer juga harus memperhatikan salah satu variabel yang tidak kalah pentingnya yaitu unsur lingkungan toko. Lingkungan toko ritel tersusun dari sejumlah eleman yang didalamnya terdiri dari faktor ambien, faktor Desain dan faktor sosial yang nantinya akan menawarkan banyak rangsangan yang dijadikan petunjuk oleh konsumen dalam proses pencarian informasi dalam waktu singkat, sekaligus meberikan pengaruh kuat pads persepsi konsumen mengenai kualitas barang dagangan. Konsumen menarik kesimpulan tentang kualitas barang dagangan didasarkan pada faktor lingkungan toko dan kesimpulan ini pada akhirnya akan mempengaruhi strore image. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan faktor ambien, faktor desain, faktor sosial terhadap persepsi kualitas barang dagangan SOGO departemen store di Plaza Tunjungan Surabaya dan mengetahui pengaruh persepsi kualitas barang dagang terhadap store Image SOGO Plaza Tunjungan Surabaya. Bila nantinya diketahui ada pengaruh antara Store Image environment terhadap persepsi kualitas barang dagangan dan dampaknya pada store image SOGO, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan untuk menyusun strategi barn usaha eceran yang lebih efektif dan efesien. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pads penelitian yang dilakukan oleh Baker (1994) yang menyatakan bahwa persepsi pelanggan pads Store environment merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhardap kualitas barang dagangan yang pada akhirnya berpengaruh pads store image. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 200 orang. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi Tinier bertahap dengan Xl = Persepsi pelanggan pada ambient factor, X2 = Desain factor, X3 = Persepsi pelanggan pada Sosial factor dan Yl = Persepsi kualitas barang dagangan, Y2 = Store Image. Validitas data diukur dengan construct validity dengan teknik korelasi Pearson product–Moment. Reliabilitas data diukur menggunakan teknik Cronbach's alpha. Hasil penelitian ini adalah persamaan regresi linier bertahap : Y1 = 0,491 + 0,394 XI + 0,320 X2 + 0,235 X3 Y2 = 1,642 + 0,616Y1 .Hasil uji hipotesis melalui uji F, yaitu F hitung (155,064)'> F tabel menolak Ho dan menerima Ha. Variabel persepsi pelanggan pads Store environment (faktor ambient, faktor desain, faktor sosial) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi kualitas barang dagangan. Hasil uji hipotesis melalui uji t, t - hitung XI (10,852) > t-tabel (1,9721), X2 (7,375) > Mabel (1,9721) dan X3(7,170) > t Label (1,9721), maka dapat diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Dengan kata lain, variabel store environment secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh pada persepsi kualitas barang dagangan dan store image SOGO Department Store di Plaza Tunjungan Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 232/05 Ren p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RENY DYAN K., 040114259 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Gunawan, Drs.,M.Com.,DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 15 Feb 2008 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1180
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item