PROFILING SEGMEN PASAR BERDASARKAN MANFAAT PADA PERUMAHAN TAMAN ALOHA SIDOARJO

BUDI KUSMAWATI, 049811988 E (2005) PROFILING SEGMEN PASAR BERDASARKAN MANFAAT PADA PERUMAHAN TAMAN ALOHA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-kusmawatib-6128-b23605-k.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-kusmawatib-6128-b23605.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam situasi persaingan yang sangat ketat dan perekonomian yang sulit diprediksi diperlukan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang memiliki karakteristik yang berlainan. Dengan karakteristik yang beragam ini tentunya terdapat perbedaan dalam manfaat yang dicari konsumen dalam membeli suatu produk. Begitu juga dengan program bauran pemasaran yang diinginkan juga berbeda. Hal ini yang mendorong dilakukannya penelitian mengenai "Analisis Segmentasi Pasar Berdasarkan Manfaat Yang Dicari Konsumen Sebagai Dasar Untuk Menentukan Pasar Sasaran Dan Bauran Pemasaran Pada Perumahan Taman Aloha Sidoarjo". Model analis dalam penelitian ini bersumber pada model segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran dan penetapan bauran pemasaran dari Eric N. Berkowitz dkk dalam buku Marketing (1992: 201). Teknik analisis dilakukan dengan metode Crosstabs dengan uji Chi-Square. Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengidentifikasi segmen pasar pada Perumahan Taman Aloha Sidoarjo berdasarkan manfaat yang dicari. Manfaat tersebut adalah kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, lokasi dan transportasi, dan fasilitas. Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah ada perbedaan preferensi tipe rumah diantara kelompok konsumen yang memiliki perbedaan manfaat yang dicari dan apakah ada perbedaan prioritas manfaat yang dicari konsumen diantara segmen pasar yang berlainan tingkat penghasilan dan latar belakang tujuan pembelian. Hasil pengolahan data diperoleh basil x2 hitung (17,926) > x2 tabel (15,5073) untuk preferensi tipe/ bentuk rumah diantara kelompok konsumen yang memiliki perbedaan manfaat yang dicari. Sedangkan untuk karakteristik berdasarkan tingkat penghasilan konsumen diperoleh basil x2 hitung (16,955) > x2 tabel (15,5073) dan karakteristik latar belakang tujuan pembelian diperoleh basil x2 hitung (21,237) > x' tabel (21,0261). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada beda preferensi tipe/ bentuk rumah diantara kelompok segmen yang memiliki perbedaan manfaat yang dicari. Dan ada beda manfaat yang dicari diantara konsumen yang memiliki tingkat penghasilan dan latar belakang tujuan pembelian yang berbeda. Berdasarkan hasil proses analisis segmentasi maka segmen yang dapat dijadikan pasar sasaran adalah segmen yang mementingkan harga dan segmen yang mementingkan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 236/05 Kus p
Uncontrolled Keywords: MARKET SEGMENTATION; MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K720-792 Property
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BUDI KUSMAWATI, 049811988 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Dwi Utami S, Dra.,Ec.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 15 Feb 2008 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item