BANK GARANSI SEBAGAI JAMINAN PENAWARAN DALAM PELAKSANAAN TENDER JASA KONSTRUKSI

PEPPY MAISAROH, 030516231 (2009) BANK GARANSI SEBAGAI JAMINAN PENAWARAN DALAM PELAKSANAAN TENDER JASA KONSTRUKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-maisarohpe-10939-fh1390-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-maisarohpe-10033-fh13909.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di dalam pelaksanaan tender konstruksi tidak hanya pengguna jasa dan penyedia jasa saja yang terlibat, tetapi juga pihak bank sebagai penjamin, karena pengguna jasa mewajibkan adanya bank garansi yang dikeluarkan oleh bank yang berfungsi untuk menjamin kelangsungan proses pelaksanaan tender itu sendiri dan penyedia jasa bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pelelangan, proses pengerjaan pekerjaan yang ditenderkan sampai dengan proses pemeliharaan pekerjaan. Bank garansi yang disyaratkan dalam pelaksanaan tender termasuk dalam perjanjian penanggungan yang bersifat accessoir yang eksistensinya apabila perjanjian pokoknya batal atau berakhir, maka perjanjian penanggungannya juga ikut batal atau berakhir. Apabila dalam pelakasanaan tender tersebut pengguna jasa telah menunjuk pemenang dari beberapa peserta tender maka sebagai pemenang tender, penyedia jasa tersebut berhak untuk menandatangani kontrak konstruksi bersama dengan pengguna jasa, yang di dalam kontrak tersebut memuat hak-hak dan kewajiban-kewajiaban diantara kedua belah pihak. Tetapi apabila pemenang tender tersebut melakukan wanprestasi, diantaranya berupa peserta lelang tidak bersedia menambah nilai jaminan pelaksanaan dalam hal harga penawarannya dinilai terlalu rendah, terlibat KKN, peserta lelang mengundurkan diri atau menolak koreksi aritmatik atas harga penawarannya, maka akibat hukumya adalah bank garansi yang semula yang hanya ditahan sementara oleh pengguna jasa maka akan menjadi milik pengguna jasa, karena dalam hal ini fungsi daripada bank garansi tersebut adalah sebagai pengganti kerugian yang akan diderita pengguna jasa apabila penyedia jasa melakukan wanprestasi. Dan juga penyedia jasa tersebut akan dikenai sanksi berupa daftar hitam ( black list ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 139 / 09 Mai b
Uncontrolled Keywords: GUARANTEED INCOME � LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
PEPPY MAISAROH, 030516231UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOCH. ISNAENI, Prof. Dr. H. S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 04 Aug 2009 12:00
Last Modified: 04 Sep 2016 14:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item