PENGARUH MANFAAT EKONOMIS, MANFAAT HEDONIS, DAN PENGORBANAN TERHADAP PENGGUNAAN MEREK TOKO PADA KONSUMEN GIANT HYPERMARKET DI SURABAYA

RIDHO ADHIE HERNOWO, 040016848 (2005) PENGARUH MANFAAT EKONOMIS, MANFAAT HEDONIS, DAN PENGORBANAN TERHADAP PENGGUNAAN MEREK TOKO PADA KONSUMEN GIANT HYPERMARKET DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hernoworid-6186-b31205-k.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-hernoworid-6186-b31205.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemunculan pengecer-pengecer raksasa telah menghentikan dominasi produsen terhadap pengecer. Salah satu faktor yang berperan penting dalam pergeseran peta kekuatan ke arah pengecer adalah pertumbuhan merek toko (merek toko) yang sangat tinggi. Merek toko sendiri didefinisikan sebagai produk yang dimiliki oleh pengecer dan dilabeli dengan nama toko pengecer yang bersangkutan. Permasalahan yang muncul tidak semua konsumen menjadikan penghematan uang sebagai satu-satunya alasan penggunaan merek toko, diperkirakan bahwa persepsi konsumen atas manfaat ekonomis, manfaat hedonis, dan pengorbanan dapat menjadi prediksi bagi penggunaan merek toko pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat ekonomis, manfaat hedonis, dan pengorbanan terhadap penggunaan merek toko pada konsumen Giant Hypermarket di Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel Convenience Sampling. Adapun dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan sebesar 125 konsumen Giant Hypermarket. Berdasarkan uji statistik regresi linier berganda, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan F hitung sebesar 48,860 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,6795 dengan nilai R- sebesar 0,548 yang berarti manfaat ekonomis, manfaat hedonis, dan pengorbanan secara bersama-sama dapat menjelaskan 54,8% variabilitas penggunaan merek toko pada konsumen Giant Hypermarket, sedangkan sisanya sebesar 42,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian, diketahui pula Thitung manfaat ekonomis, manfaat hedonis, dan pengorbanan secara berturut-turut sebesar 5,797, 5,602, dan 2,482 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9798 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat dibuktikan kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 312/05 Her p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER GOODS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5428-5429.6 Retail trade
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RIDHO ADHIE HERNOWO, 040016848UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTanti Handriana, SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 25 Feb 2008 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 01:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item