TANGGUNG GUGAT MULTINATIONAL CORPORATE DALAM KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN DI INDONESIA

FARIZ RACHMAN, 030516347 (2010) TANGGUNG GUGAT MULTINATIONAL CORPORATE DALAM KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rachmanfar-17814-fh2701-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rachmanfar-14905-fh27010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

“Globalisasi ekonomi mencapai titik puncak dengan hadirnya perusahaan-perusahaan multinasional ( multinational corporate/MNC ) sebagai penyalur utama berbagai macam faktor-faktor industri, mulai dari modal, tenaga kerja dan teknologi produksi yang seluruhnya dalam skala besar dari satu negara ke negara lainnya. Pengaruh masuknya industri-industri atau perusahaan-perusahaan raksasa yang telah mendunia selain memberikan sumbangan investasi dan mengurangi pengganguran ternyata juga menambah jumlah pencemaran. Limbah-limbah tersebut sangat merugikan dan membahayakan terutama buangan air limbah industri, karena dengan adanya pembuangan air limbah yang tidak memenuhi kadar yang tidak ditentukan mau tidak mau akan mencemari sumber daya alam yang ada disekitarnya, oleh sebab itu timbul masalah-masalah baru dalam lingkungan hidup manusia. Pasal 28 ayat (1) UUD telah menyebutkan bahwa: “ Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”. Dari ketentuan tersebut, MNC mempunyai kecenderungan yang besar untuk melakukan pelanggaran HAM dan dalam hal ini adalah tindakan pencemaran lingkungan. Peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia selalu dihadapkan kepada kepentingan bisnis itu atau kepentingan-kepentingan negara-negara maju. Jaminan kepastian hukum dengan adanya tindakan tegas yang tidak berpihak harus berhadapan dengan kepentingan investasi yang bernalai ekonomis bagi suatu pemerintahan negara terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia. Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada kepentingan investor asing akan menyebabkan mereka menarik diri dari Indonesia dan secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian Indonesia.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 270 / 10 Rac t
Uncontrolled Keywords: MULTINATIONAL CORPORATE; ENVIRONMENTAL POLLUTION
Subjects: K Law
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
FARIZ RACHMAN, 030516347UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDina Sunyowati, Dr. , S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 04 Sep 2016 15:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item