ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN

ENDAH DWI SUSANTI, 040013199 (2005) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK JATIM CABANG PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-susantiend-6203-b31105-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-susantiend-6203-b31105.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan mengelola emosi dari karyawan bagian operasional pada PT. Bank Jatim Cabang Pasuruan, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan mendorong kinerja karyawan. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratory. Besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 102 karyawan bagian operasional pada PT. Bank Jatim Cabang Pasuruan. Data yang dianalisis menggunakan uji analisis faktor exploratory yang dilanjutkan dengan regresi komponen utama. Terdapat 5 variabel sebagai hasil dari proses analisis faktor eksploratori yang digunakan sebagai variabel bebas untuk digunakan melihat pengaruh faktor¬-faktor terhadap kinerja karyawan, yaitu variabel kualitas pengendalian emosi untuk berhubungan dengan orang lain (X1), kesadaran emosionalitas diri (X2), perasaan bahagia (X3), optimisme terhadap pemecahan masalah (X4), dan sikap fleksibel (X5). Hasil pengujian regresi komponen utama diketahui nilai F Hitung sebesar 35,406 dengan tingkat sinifikansi 0,000 (kurang dari 5%). Oleh karena signifikansi kurang dari 0,05 maka ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama. Sedangkan dari hasil pengujian parsial diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh parsial yang signifikan yaitu variabel kualitas pengendalian emosi untuk berhubungan dengan orang lain (XI), kesadaran emosionalitas diri (X2), perasaan bahagia (X3), optimisme terhadap pemecahan masalah (X4), dan sikap fleksibel (X5). Kemudian analisis data yang lain dapat dilihat juga pada hasil nilai koefisien (R) sebesar 0,805 menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kelima variabel tersebut bersama-sama terhadap kinerja karyawan., dan nilai (R2) sebesar 0,648 menunjukkan bahwa 64,8% kinerja karyawan dipengaruhi oleh kelima variabel tersebut sedangkan sisanya 35,2% kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan bagi PT. Bank Jatim Cabang Pasuruan, agar kecerdasan emosional yang sudah dimiliki karyawan dapat lebih meningkat, perlu diadakannya pelatihan-pelatihan mengenai kecerdasan emosional. Sehingga PT Bank Jatim Cabang Pasuruan akan memiliki karyawan yang memiliki kualitas yang tinggi dan mampu mencapai tujuan perusahaan secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 311/05 Sus a
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT – ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ENDAH DWI SUSANTI, 040013199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Siti Sulasmi, Dr.,Psi.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 25 Feb 2008 12:00
Last Modified: 15 Jul 2016 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item