PENGARUH STORE IMAGE TERHADAP PERSEPSI KUALITAS PRIVATE LABEL "PASTI" OLEH KONSUMEN DI ALFAMART CABANG DHARMAWANGSA SURABAYA

ELLY PUTRI PRADANI, 040419267 (2008) PENGARUH STORE IMAGE TERHADAP PERSEPSI KUALITAS PRIVATE LABEL "PASTI" OLEH KONSUMEN DI ALFAMART CABANG DHARMAWANGSA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-pradaniell-8822-b18108-k.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-pradaniell-8847-b18108.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Store Image terhadap persepsi kualitas private label, dimana private label merupakan produk yang dimiliki dan dikembangkan oleh retailer tersebut. Semakin banyaknya retailer yang bermunculan sekarang ini, juga mendorong semakin banyaknya private label yang dikeluarkan oleh retailer tersebut. Oleh sebab itu, Private label sebagai brand yang dimiliki oleh suatu retailer selalu dihubungkan dengan Store Image dari retailer tersebut. Untuk meningkatkan image kualitas dari Private Label, maka suatu toko harus fokus untuk meningkatkan image dari tokonya. Store image digambarkan sebagai suatu persepsi konsumen yang kompleks dari atribut-atribut yang berbeda atau mencolok dari suatu toko. Store Image sendiri terdiri dari Service, Convenience, Quality, Selection/Variety, dan Atmosphere. Penelitian ini akan berfokus pada pengaruh antara "store image" terhadap "persepsi kualitas private label". Dengan tidak adanya pengalaman yang sesungguhnya dengan suatu produk, para konsumen sering kali menilai kualitas atas dasar isyarat yang bersifat external, seperti citra dari suatu toko. Karena citra toko dapat menunjukkan bagaimana kinerja suatu toko untuk menciptakan image yang baik tentang tokonya. Apabila image toko meningkat, maka konsumen juga akan berfikir bahwa private label yang dimiliki toko tersebut juga bagus. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi tinier berganda dengan persepsi kualitas private label sebagai variable tergantung (Y) dan variable bebasnya adalah atribut Store Image yaitu Service (X1), Convenience (X2), Quality (X3), SelectionlVariety (X4), Price (X5), dan Atmosphere (X6). Dengan menggunakan teknik analisis ini maka dapat diketahui variable mana saja yang berpengaruh terhadap persepsi kualitas private label dan seberapa besar pengaruhnya terhadap persepsi kualitas private label. Setelah data yang diperoleh diolah, maka diketahui bagaimana hasil penelitian ini yang akan dijabarkan sebagai berikut : Y= 0,808 + 0,361 X1 – 0,231 X2 + 0,391 X3 – 0,144 X4 + 0,474 X5 – 0,133 X6 Dari persamaan linier diatas dapat diketahui bagaimana setiap variabel berpengaruh terhadap persepsi kualitas private label. Selain persamaan linier tersebut juga dilihat bagaimana signifikansi uji F dan uji t. Dari hasil signifikansi uji F diketahui bahwa secara simultan Store Image berpengaruh terhadap persepsi kualitas private label. Sedangkan dari hasil signifikansi uji t, variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel Atmosphere.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 181/08 Pra p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3025-3174 Special classes. By occupation > HV3165-3173 Shop women, clerks, etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELLY PUTRI PRADANI, 040419267UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Dwi Utami S, Dra.,Ec.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 04 Feb 2009 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 02:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1227
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item