PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PEREDARAN IKLAN ROKOK

Rido Ramadhan, 030911198 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PEREDARAN IKLAN ROKOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhanri-30272-4.abst-i.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu sarana pemasaran yang sedang populer dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam memasarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari adalah iklan. melalui iklan tersebut para konsumen akan lebih memperoleh informasi yang lebih jelas tentang produk yang dipasarkan. Idealnya informasi yang diberikan kepada konsumen haruslah benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang, akan tetapi terkadang ada penyimpangan yang dilakukan oleh oknum pelaku usaha. Iklan tersebut seringkali menyesatkan dan mengakibatkan kerugian bagi konsumen. Seperti dalam kasus iklan-iklan rokok. Iklan merupakan elemen yang sangat penting dan sebagai salah satu ujung tombak bagi produsen rokok dalam menunjang keberhasilan pemasaran suatu produk rokok. Seringkali iklan-iklan rokok tersebut melanggar beberapa peraturan perundang-undangan dan merugikan konsumen terutama remaja yang melihat dan tertarik pada iklan rokok tersebut. Iklan yang merugikan konsumen berkaitan dengan penyimpangan maksud dari konsumen yang dasarnya pada iklan tersebut memuat pernyataan-pernyataan tidak benar. Iklan yang demikian ini adalah iklan bohong atau “misrepresentation”. Dengan adanya peraturan perundang-undangan tentang perlindungan konsumen dan Etika Periklanan Indonesia (EPI), khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan dan Permenkes Nomor 28 tahun 2013 tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan Pada Kemasan Produk Tembakau, dan Keputusan Kepala BPOM Nomor HK.00.05.3.1.3322 tentang Tata Laksana Pengawasan Produk Rokok yang Beredar dan iklan. Maka terdapat payung hukum dan beberapa pengaturan pembuatan iklan rokok secara benar, dan pemerintah dalam hal ini dapat melakukan pengaturan terhadap tayangan iklan rokok yang dibuat oleh pelaku usaha, dan memberikan sanksi jika ada pelanggaran dalam penayangan, peredaran, dan pembuatan iklan produk tembakau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.37/14 Ram p
Uncontrolled Keywords: LEGAL PROTECTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Rido Ramadhan, 030911198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI HANDAJANI, S.H., M.HUMUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Mar 2014 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12322
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item