AKUISISI TERKAIT PEMBATASAN KEPEMILIKAN SAHAM PADA LEMBAGA PENYIARAN SWASTA Studi Kasus : Akuisisi Indosiar Oleh SCTV

PATRIA ABDITIAR, 030810338 (2012) AKUISISI TERKAIT PEMBATASAN KEPEMILIKAN SAHAM PADA LEMBAGA PENYIARAN SWASTA Studi Kasus : Akuisisi Indosiar Oleh SCTV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-abditiarpa-32137-5.abstr-k.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 95-14 Abd a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, dengan semakin berkembangnya ekonomi Indonesia dan adanya perdagangan bebas menciptakan kompetisi yang ketat antara perusahaan yang ada. Salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan adalah dengan mengembangkan dirinya melalui merger (penggabungan), konsolidasi (peleburan), dan akuisisi (pengambilaihan). Salah satu metode yang sering dilakukan adalah akuisisi. Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan semakin besarnya kebutuhan masyarakat di bidang informasi. Hal ini menyebabkan munculnya stasiun televisi baik milik pemerintah ataupun swasta. Dengan semakin banyaknya stasius televisi yang ada menyebabkan persaingan semakin ketat. Stasiun televisi yang ada di Indonesia cenderung hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan besar seperti MNC Group, TransCorp, dan Viva Group. Selain stasiun televisi yang dimiliki oleh grup-grup tersebut ada pula Indosiar (PT. IDKM), SCTV (PT. EMTK), dan Metro TV. Permsalah yang menjadi dasar penulisan ini adalah adanya akuisisi yang dilakukan oleh PT.EMTK (SCTV) terhadap PT. IDKM (Indoesiar). Tipe penelitaan dalam penyusunan skripsi ini adalah dengan metode yuridis normative,atau disebut juga doctrinal research yaitu penelitian terhadap peraturan perundang-undangan maupun literature yang berkaitan dengan materi yang dibahas dengan menyedikan penjelasan secara sistematis. Penelitian ini menggunakan 3 macam pendekatan yakni statute approach, conceptual approach, dan case approach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk akuisisi yang dilakukan oleh PT. EMTK menggunakan bentuk 2 tingkat dimana bentuk ini beum diatur di dalam perundang-undangan Indonesia dan bentuk ini merupakan system yang dipakai oleh grup-grup lainnya seperti MNC Group,TransCorp, dan Viva Group. Bentuk kepemilikian saham ini sendiri belum dilarang oleh undang-undang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 95/14 Abd a
Uncontrolled Keywords: STOCK; BROADCASTING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
PATRIA ABDITIAR, 030810338UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUS WIDYANTORO, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 24 Jun 2014 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12528
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item