AKIBAT HUKUM BAGI KREDITOR YANG LALAI MELAKUKAN PENAGIHAN TERHADAP DEBITOR PAILIT

CHOIRUDIN, 030911183 (2012) AKIBAT HUKUM BAGI KREDITOR YANG LALAI MELAKUKAN PENAGIHAN TERHADAP DEBITOR PAILIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-choirudin-38803-7.abstr-i.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 173-15 Cho a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai proses pengurusan dan pemberesan harta pailit. Dalam proses kepailitan, unsur adanya utang merupakan salah satu syarat agar debitor dapat dinyatakan pailit. Utang dalam hal ini merupakan utang yang ditimbulkan dari perikatan yang dibuat para pihak yaitu kreditor dan debitor yang menjadi hak kreditor. Namun setelah debitor dinyatakan pailit, kreditor tidak serta merta mendapatkan pelunasan utangnya, kreditor wajib mengikuti keseluruhan proses pengurusan dan pemberesan harta pailit mulai dari pendaftaran piutang yang dapat diketahui lewat pengumuman sampai pembagian harta pailit. Dengan adanya mekanisme demikian, tidak menutup kemungkinan kreditor tidak mengetahui adanya kepailitan debitornya sehingga kreditor terlambat atau bahkan tidak mengikuti proses pengurusan dan pemberesan harta pailit sama sekali. Kreditor yang terlambat mengikuti proses tetap mempunyai hak untuk memperoleh pelunasan utang melalui mekanisme tersendiri dengan memperoleh pembagian yang seimbang dengan yang diperoleh kreditor yang telah mendapat pembagian harta pailit. Apabila debitor merupakan badan hukum dan tidak terdapat sisa harta pailit, maka kreditor tidak mendapatkan pelunasan utangnya karena badan hukum tersebut sejak pernyataan kepailitan menjadi bubar. Sedangkan untuk debitor perorangan, kreditor tetap mempunyai hak untuk mendapat pelunasan utang meskipun harta pailit telah habis dibagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 173/15 Cho a
Uncontrolled Keywords: BANKRUPTCY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7510-7512 Insolvency and bankruptcy. Creditors' rights
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
CHOIRUDIN, 030911183UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus WidyantoroUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 05 Nov 2015 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item