PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PENGGUNAAN TESTIMONIAL PELANGGAN PADA IKLAN JASA KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL

ALTAVIAR ALAM FIRDAUS, 030911202 (2013) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PENGGUNAAN TESTIMONIAL PELANGGAN PADA IKLAN JASA KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan dagang yang semakin hari semakin ketat di Indonesia menuntut pelaku usaha untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk yang dijualnya. Pengenalan produk dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain dengan melakukan promosi, yaitu dengan pemasangan iklan diberbagai media. Iklan memang merupakan alat promosi yang handal untuk mempengaruhi para calon konsumen agar tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu usaha yang dilakukan oleh produsen untuk menarik minat para konsumen adalah dengan memuat iklan yang cenderung melebih-lebihkan, menyesatkan, dan seakan-akan sangat nyata tanpa memperhatikan aspek kejujuran dan kebenaran atas produk tersebut. Contoh yang seringkali kita temui dimasyarakat adalah iklan produk jasa pengobatan tradisional. Iklan pengobatan tradisional sebenarnya sudah lama beredar di masyarakat baik melalui media brosur, radio, televisi dan internet. Namun belakangan ini, jumlah penyiaran iklan sejenis ini semakin banyak merajalela, terutama di televisi dan internet. munculnya fenomena-fenomena yang belakangan ini sering terjadi di masyarakat terkait dengan maraknya iklan pengobatan tradisional yang banyak beredar di berbagai media, khususnya televisi Nasional maupun lokal yang dapat menimbulkan kesesatan dimasyarakat. Masyarakat selaku pihak konsumen tidak mengetahui akan kebenaran dan kepastian hukum dari produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut apabila tidak sesuai dengan janji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 149/13 Fir p
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
ALTAVIAR ALAM FIRDAUS, 030911202UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Handajani, Dr. , S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Jan 2014 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item