METODE EX-ANTE PENGENDALIAN PENGGABUNGAN, PELEBURAN DAN PENGAMBILALIHAN PERUSAHAAN DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA DI INDONESIA

IGA PURWANTI, 031011122 (2013) METODE EX-ANTE PENGENDALIAN PENGGABUNGAN, PELEBURAN DAN PENGAMBILALIHAN PERUSAHAAN DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindakan penggabungan, peleburan dan pengambilalihan merupakan cara yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya atau menghindari kepailitan. Pengaturan mengenai penggabungan, peleburan dan pengambilalihan dalam UU No. 5 Tahun 1999 tertuang dalam Pasal 28 dan Pasal 29 yang termasuk dalam bagian dari Posisi dominan. Dibalik manfaatnya, tindakan penggabungan, peleburan dan pengambilalihan dapat mengakibatkan konsentrasi pasar menjadi lebih besar yang dapat menyababkan semakin tinggi harga produk barang atau jasa. Selain itu, penggabungan, peleburan, dan pengambilalihan dapat mengakibatkan monopoli dan persaingan usaha tidak sehat karena kekuatan pasar semakin besar, oleh karena itu terhadap tindakan penggabungan, peleburan dan pengambilalihan perlu dilakukan pengendalian. Ada dua metode pengendalian yaitu ex-post dan exante. Ex-post adalah pengendalian sebelum penggabungan, peleburan dan pengambilalihan terjadi, sedangkan ex-ante adalah pengendalian sebelum dilakukannya penggabungan, peleburan dan pengambilalihan. Masing-masing metode tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan, hal ini dikarenakan masing-masing metode tersebut memiliki karakteristik yang berbeda terutama dalam segi waktu. Perbandingan terhadap kedua model ini perlu dilakukan untuk mempertimbangkan mana yang paling sesuai untuk diterapkan dalam Hukum Persaingan Usaha Indonesia. Dalam PP No. 57 Tahun 2010 ada dua cara pengendalian terhadap penggabungan, peleburan dan pengambilalihan yaitu pemberitahuan dan konsultasi. Pemberitahuan merupakan perwujudan pasal 29 UU No. 5 Tahun 1999 dimana pemberitahuan ini merupakan impelemntasi metode ex-post, sedangkan konsultasi merupakan perwujudan Pasal 28 UU No. 5 Tahun 1999. Konsultasi termasuk impelentasi metode ex-ante. Penekanan dalam tulisan ini adalah pada penerapan metode ex-ante dalam Hukum Persaingan Usaha Indonesia. Penerapan yang dimaksud meliputi bentuk dan tata cara serta implementasi dalam ranah praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 10/14 Pur m
Uncontrolled Keywords: Hukum Persaingan Usaha
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
IGA PURWANTI, 031011122UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRIA SETYAWATI, S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 17:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item