URGENSI PEMBENTUKAN INSTRUMEN HUKUM INTERNASIONAL YANG MENGIKAT UNTUK PERLINDUNGAN PENGETAHUAN TRADISIONAL DAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DI INDONESIA

RANDY BRIAN KHARISMA, 030911204 (2013) URGENSI PEMBENTUKAN INSTRUMEN HUKUM INTERNASIONAL YANG MENGIKAT UNTUK PERLINDUNGAN PENGETAHUAN TRADISIONAL DAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kharismara-33766-6.abstr-i.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-kharismara-33766-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengetahuan tradisional dan ekspresi budaya yang telah diturunkan secara tradisi, sudah menjadi milik bersama masyarakat tersebut, sehingga jika dikaitkan secara individu, tidak akan ditemukan siapa penciptanya, menurut WIPO, pengetahuan tradisional tidak memenuhi syarat kebaruan dan langkah inovatif. Kesempatan inilah yang sangat mungkin dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak mendukung perlindungan TKF, untuk mengambil intisari dari pengetahuan tersebut kemudian memodifikasi menjadi sebuah inovasi baru, sehingga pengetahuan tradisional yang semula dianggap biasa karena sudah ribuan tahun dalam masyarakat lokal, menjadi luar biasa dan mampu dimiliki secara kolektif dan didaftarkan secara individual. Dalam IGC-GRTKF yang diselenggarakan oleh WIPO, secara garis besar memberikan hak perlindungan sepenuhnya terhadap negara untuk membuat peraturan secara mandiri, maka pengesahan terhadap RUU PT dan EBT di Indonesia merupakan langkah yang secepatnya harus diambil oleh pemerintah, demi tercapainya kesejahteraan umum dalam hal perlindungan PT dan EBT sebagai aset perekonomian bangsa ke depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.140/14 Kha u
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL LAW
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RANDY BRIAN KHARISMA, 030911204UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURUL BARIZAH, S.H., LL.M., Ph.D, S.H., LL.M., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Nov 2014 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 07:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item