PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI

RIA OKTAVIA, 031011220 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-oktaviaria-33827-4.abstr-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-oktaviaria-33827-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jual beli ialah suatu hubungan hukum yang mengikatkan para pihak yaitu penjual menyerahkan suatu barang dan pembeli membayar harga barang dengan jumlah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Ketentuan pasal 1458 BW Jual beli dianggap telah selesai pada saat penjual menerima pembayaran dan bersamaan dengan itu menyerahkan barang yang dijualnya kepada pembeli hal ini disebut terang dan tunai. Namun saat ini jual beli tidak selalu dilakukan secara terang dan tunai. Dalam halnya obyek jual beli berupa benda tidak bergerak yaitu tanah dan bangunan, terlebih dahulu para pihak membuat suatu perjanjian pengikatan jual beli. Alasan dibuatnya perjanjian ini adalah karena pembayaran yang belum lunas atau dibayar secara mengangsur atau bukti tanda hak (sertipikat) masih dalam pengurusan di kantor BPN. Dalam pasal 37 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah dapat diketahui bahwa untuk peralihan hak atas tanah diperlukan suatu akta otentik yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Dalam pelaksanaanya, perjanjian tersebut senantiasa tidak berjalan sesuai dengan kesepakatan yang diinginkan oleh para pihak. Dalam kondisi tertentu dapat timbul masalah yang mengakibatkan terjadinya ingkar janji/wanprestasi. Oleh karena itu rumusan masalah pada skripsi ini terbagi dua yaitu karakteristik dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli dan upaya perlindungan hukum bagi para pihak dalam perjanjian pengikatan jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.161/14 Okt p
Uncontrolled Keywords: PROTECTION LAW
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RIA OKTAVIA, 031011220UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFAIZAL KURNIAWAN, S.H., M.H.,LL.M.,., S.H., M.H.,LL.M.,.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Nov 2014 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item