HARTA BERSAMA SEBAGAI OBJEK JAMINAN KREDIT BANK

UTYA PRAWANIRAH, 031011210 (2014) HARTA BERSAMA SEBAGAI OBJEK JAMINAN KREDIT BANK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-prawanirah-33834-5.abstr-k.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-prawanirah-33834-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Didalam perkawinan terdapat suatu faktor utama yang dapat menggerakkan perkawinan dan membangun rumah tangga yang bahagia dan sejahtera, yaitu harta dalam perkawinan. Seperti yang diketahui asal harta tersebut dapat berasal dari berbagai macam sumber, antara lain harta yang diperoleh sebelum terjadinya ikatan perkawinan yang disebut dengan harta bawaan dan harta yang diperoleh dalam ikatan perkawinan baik oleh suami maupun istri yang disebut dengan harta perkawinan. Baik suami maupun istri sama-sama memiliki kewenangan yang sama untuk melakukan pengelolaan atas harta bersama, namun harus disertai dengan persetujuan dari kedua belah pihak. Seiring dengan semakin majunya perekonomian di Indonesia maka kebutuhan akan kehidupan sehari-hari pun semakin meningkat, sehingga membutuhkan sumber pembiayaan tambahan. Salah satunya melalui fasilitas kredit yang disediakan oleh lembaga perbankan. Untuk menjamin kredit yang diberikan aman dan tidak menimbulkan kerugian bagi pihak bank, maka bank akan memberikan perjanjian tambahan yaitu perjanjian jaminan kredit, yang dalam hal ini benda yang dijdikan jaminan kredit adalah harta bersama. Pengikatan jaminan tersebut dapat melalui beberapa lembaga jaminan, agar memberikan kepastian hukum apabila debitur wanprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.165/14 Pra h
Uncontrolled Keywords: CREDIT BANK GUARANTEE
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K94 Legal composition and draftsmanship
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
UTYA PRAWANIRAH, 031011210UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Trisadini P. Usanti, S.H., M.H, Dr., S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Nov 2014 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12718
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item