PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAOS TOMAT INDUSTRI RUMAH TANGGA YANG MENGANDUNG BAHAN PEWARNA BERBAHAYA

DERYL PRATAMA RAHMANTO, 031011232 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAOS TOMAT INDUSTRI RUMAH TANGGA YANG MENGANDUNG BAHAN PEWARNA BERBAHAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-rahmantode-36800-6.abstr-k.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-rahmantode-36800-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada dasarnya para pelaku usaha memegang prinsip ekonomi meraih keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Prinsip ini sangat potensial merugikan kepentingan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung. Konsumen menjadi korban dari kegiatan perdagangan untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya oleh pelaku usaha dengan berbagai cara diantaranya, penerapan baku standar bahan makanan yang tidak sesuai, informasi yang menyesatkan, serta menggunakan bahan bahan olahan makanan yang dapat dikatakan berbahaya dan merugikan konsumen. Rendahnya tingkat kesadaran dan pendidikan hukum menambah lemahnya posisi konsumen. Sebagaimana atas hak-hak konsumen sering diabaikan oleh pelaku usaha dalam hak untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Sebagaimana contoh, telah banyak kasus konsumen yang mengalami keracunan akibat produk saos tomat yang mengandung bahan pewarna berbahaya dan produk tersebut telah beredar di tengah masyarakat. Dari kenyataan yang ada, masih banyak produk saos tomat olahan industri rumah tangga yang beredar dengan tidak melalui mekanisme sebagaimana mestinya. Dari sini kita dapat melihat bahwa masyarakat sebagai konsumen kurang mendapat perlindungan. Oleh karena itu menurut penulis, konsumen sangat perlu mendapat perlindungan dari produk-produk yang tidak sesuai dengan produk saos tomat olahan industri rumah tangga yang tidak memenuhi kualifikasi maupun kurang memenuhi standar yang ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.102/15 Rah p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION LAW
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DERYL PRATAMA RAHMANTO, 031011232UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGIANTO AL IMRON, S.H., M.H., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Mar 2015 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item