PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENAWARAN PRODUK TELEKOMUNIKASI DALAM KERJASAMA PT. EXCELCOMINDO PRATAMA (XL) DENGAN PROVIDER

RATIH ARDIANITA, 030416019 (2008) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENAWARAN PRODUK TELEKOMUNIKASI DALAM KERJASAMA PT. EXCELCOMINDO PRATAMA (XL) DENGAN PROVIDER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-ardianitar-9957-abstrak-p.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
12789.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Didalam Pasal 4 huruf c Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen telah dijelaskan bahwa hak yang dimiliki seorang konsumen salah satunya adalah hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Dengan demikian konsumen berhak atas kejelasan informasi mengenai produk telekomunikasi kerjasama PT. Excelcomindo Pratama (XL) dengan Provider. Informasi yang jelas bagi konsumen atas produk telekomunikasi kerjasama PT. Excelcomindo Pratama (XL) dengan Provider antara lain adalah informasi mengenai ketetapan pengenaan biaya SMS premium call, informasi mengenai prosedur pengenaan biaya SMS premium call, serta informasi mengenai bagaimana cara melakukan penghentian terhadap SMS premium call secara lengkap dan jelas. Adanya pihak yang bertanggunggugat pada dasarnya adalah dikarenakan adanya pihak lain yang telah dirugikan oleh pihak yang bertanggunggugat. Pengertian kerugian itu sendiri adalah berkurangnya harta kekayaan pihak yang satu, yang disebabkan oleh perbuatan yang melanggar norma oleh pihak lain. Dalam kasus ini, pihak yang mengalami kerugian adalah konsumen, karena konsumen yang tertarik untuk mengikuti penawaran produk telekomunikasi harus mengalami pengurangan pulsa telepon selular yang tidak sesuai dengan ketetapan biaya yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak pelaku usaha. Selain itu, karena kelalaian dan kesalahan pihak pelaku usaha yang menyebabkan konsumen mengalami kegagalan dalam melakukan penghentian kegiatan penawaran produk telekomunikasi, menyebabkan konsumen tetap mendapati pulsa telepon selularnya mengalami pengurangan. Dengan demikian pihak yang bertanggunggugat atas kerugian yang dialami oleh konsumen adalah pihak pelaku usaha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pihak yang bertanggunggugat atas kerugian konsumen akibat penggunaan produk telekomunikasi ker asama PT. Excelcomindo Pratama (XL) dengan Provider adalah pihak pelaku usaha yakni PT. Excelcomindo Pratama (XL) dan Provider. Akan tetapi karena hubungan kontraktual yang terjalin adalah antara PT. Excelcomindo Pratama (XL) dengan konsumen, maka pihak yang bertanggunggugat dalam kasus yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah PT. Excelcomindo Pratama (XL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 178/08 Ard p
Uncontrolled Keywords: LAW, CONSUMER, PROVIDER, XL
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RATIH ARDIANITA, 030416019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGianto Ali Imron, , SH. MHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 12 Jan 2009 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12789
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item