TANGGUNG GUGAT PENGGUNA JASA ATAS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS ANTARA PT DUA DAYA SAKTI DAN CV SINAR PAMULA)

Tiara Andyn Mauliana, 030710244 (2011) TANGGUNG GUGAT PENGGUNA JASA ATAS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS ANTARA PT DUA DAYA SAKTI DAN CV SINAR PAMULA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-maulianati-18768-fh08-11-k.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-maulianati-15539-fh08-11-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai kontrak bisnis yang justru berawal dari perbedaan kepentingan yang dipertemukan melalui kontrak sehingga mengikat para pihak. Dalam kontrak bisnis pertanyaan mengenai sisi kepastian dan keadilan justru akan tercapai apabila perbedaan yang ada di antara para pihak terakomodasi melalui mekanisme hubungan kontraktual yang bekerja secara proporsional. Hal tersebut semata-mata tidak hanya memastikan kontrak tersebut adil bagi kedua belah pihak melainkan juga memastikan apakah kontrak tersebut telah seimbang keseluruhan beban kewajiban dalam hubungan kontraktualnya, dalam arti telah proporsional sesuai dengan porsi kewajiban masing-masing pihak. Penulis meneliti berdasarkan salah satu kasus yang ada dalam praktek yaitu wanprestasi dari pengguna jasa (bouwheer). Penelitian ini akan mengulas mengenai 2 (dua) hal yaitu : kesatu apakah karakteristik dari kontrak kerja konstruksi ini sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Dalam hubungan kontraktual yang bekerja secara proporsional terdapat pemenuhan prestasi yang bertimbal balik. Sesuai pada Pasal 1234 BW, prestasi pun dibedakan atas tiga hal yakni memberikan sesuatu, untuk berbuat sesuatu atau untuk tidak berbuat sesuatu. Kedua apakah wanprestasi merupakan tanggung gugat yang tepat jika pengguna jasa (bouwheer) sebagai salah satu pihak dalam kontrak kerja konstruksi tersebut, tidak memenuhi kewajibannya (prestasi) sesuai dengan yang telah menjadi kesepakatan bersama antara PT DUA DAYA SAKTI sebagai pengguna jasa (bouwheer) dan CV SINAR PAMULA sebagai penyedia jasa (kontraktor).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 08/11 Mau t
Uncontrolled Keywords: CAPITAL MARKET; GUARANTED INVESTMENT CONTRACTS
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Tiara Andyn Mauliana, 030710244UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorA. Yudha Hernoko, Prof. Dr. , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 May 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 03:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12944
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item