PERJANJIAN IKATAN JUAL BELI DENGAN OBYEK YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN

RAHARDIAN TRI N.S., 030215393 (2006) PERJANJIAN IKATAN JUAL BELI DENGAN OBYEK YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-rahardiant-4671-fh1430-k.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-rahardiant-4671-fh1430-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian Ikatan Jual Beli adalah sah, sepanjang memenuhi syarat 1320 BW, yang didalamnya terdapat kata sepakat diantara para pihak, disertai itikad balk untuk melakukan Perjanjian Ikatan Jual Beli. Kemudian Perjanjian Ikatan Jual Bell dapat dilakukan dibawah tangan, hanya dilakukan pihak penjual dan pembeli tanpa adanya pihak ketiga, namun agar mempunyai kekuatan pembuktian jika terjadi sengketa, maka dibuat suatu akta Perjanjian Ikatan Jual Bell yang obyeknya adalah perjanjian jual bell definitif yang terjadi dikemudian hari, secara otentik yang dibuat oleh Notaris yang diangkat oleh Menteri Hukum Dan HAM dan disumpah dihadapan Ketua Pengadilan Negeri. Kedudukan pembeli dalam Perjanjian Ikatan Jual Beli yang obyeknya dibebani dengan hak tanggungan harus mendapat perlindungan hukum baik secara preventif dengan membuat akta Perjanjian Ikatan Jual Beli dihadapan Notaris dan setelah itu segera batik Hama sertipikat setelah akta jual bell dibuat, untuk menghindari terjadinya sengketa dikemudian hari. Sedangkan langkah represif adalah dengan mengajukan gugatan pembatalan perjanjian disertai dengan pengembalian sejumlah uang yang telah dibayarkan oleh pembeli, kembali kepada keadaan semula. Dan Perjanjian Ikatan Jual Beli tanpa izin dari bank tetap dianggap sah apabila harga yang disepakati dianggap wajar oleh bank, bank merupakan pihak yang terlibat atau ikut terikat dalam Perjanjian Ikatan Jual Beli, karena sebagai pemegang hak tanggungan atas obyek yang diperjanjikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.143/07 Rah p
Uncontrolled Keywords: CLAUSES (LAW); LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RAHARDIAN TRI N.S., 030215393UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisandini P. Usanti, , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 23 May 2007 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 16:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13070
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item