PENGATURAN KARYA CIPTA DIGITAL PADA TRANSAKSI INTERNET COMMERCE DI INDONESIA

SARI YUDIANTI SUWARDJI, 030315563 (2007) PENGATURAN KARYA CIPTA DIGITAL PADA TRANSAKSI INTERNET COMMERCE DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-suwardjisa-5302-fh2050-t.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-suwardjisa-5302-fh20507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a. Kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari kemajuan teknologi. Teknologi yang diciptakan manusia berkembang seiring dengan kebutuhan manusia untuk memudahkan hidup manusia dari yang sebelumnya. Namun seiring dengan berbagai dampak positif dan kemudahan yang didapat, dengan kemajuan teknologi maka membawa dampak sangat rentan terhadap berbagai aspek negatif terutama yang berkaitan dengan hak cipta. Teknologi digital mempermudah duplikasi materi yang dapat dikemas dalam bentuk digital (digitalized products). Teknologi digital dapat digunakan untuk menggandakan atau membuat copy dan materi tersebut dengan kualitas yang sama dengan aslinya tanpa merusak atau mengurangi sumber aslinya. Hal ini nantinya yang membawa akibat bersinggungan dengan Hak Cipta yang dimiliki oleh seseorang. b. Perlindungan hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di era digital semakin diperlukan, khususnya menghadapi perkembangan penggunaan Internet di Indonesia. Internet sebagai bagian dari era digital telah memberikan tantangan bagi HKI, terutama terhadap perlindungan Hak Cipta, hal ini disebabkan karakter dari karya cipta digital yang mudah dialihwujudkan dan diperbanyak. Di Indonesia peraturan perundang¬-undangan yang terkait dengan karya cipta digital dapat dilihat dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Dalam UUHC memang tidak terdapat pengaturan yang spesifik mengenai karya cipta digital, khususnya yang mengatur mengenal ringtone dan ringbacktone, software dan digital literary, namun terhadap pasal-pasal yang ada di UUHC dapat dilakukan penafsiran. Pengaturan lebih spesifik terkait dengan karya cipta digital ini sangat diperlukan mengingat perdagangan melalui Internet (Internet Commerce) sekarang mulai meningkat. Apabila tidak didukung dengan adanya suatu payung hukum yang memadai maka pelanggaran terhadap karya digital ini akan semakin merajalela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.205/07 Suw p
Uncontrolled Keywords: ELECTRONIC COMMERCE; TRADEMARKS � LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
SARI YUDIANTI SUWARDJI, 030315563UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJani Purnawanty, S.H., SS., LLM.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 27 Sep 2007 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item