PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBERI HAK TANGGUNGAN DALAM PENJUALAN OBYEK JAMINAN SECARA DI BAWAH TANGAN

DEBY SUKMASARI, 030315587 (2007) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBERI HAK TANGGUNGAN DALAM PENJUALAN OBYEK JAMINAN SECARA DI BAWAH TANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-sukmasarid-7470-abstract-7.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-sukmasarid-7470-FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a) Upaya eksekusi terhadap obyek Hak Tanggungan dapat dilakukan dengan 3 upaya yaitu melalui kuasa menjual obyek Hak Tanggungan atas kekuasaan sendiri, titel eksekutorial melalui pelelangan umum dan penjualan obyek Hak Tanggungan di bawah tangan. Dari ketiga eksekusi tersebut, semuanya mempunyai kelebihan dan Cara masing-masing sesuai dengan keinginan dan kesepakatan kedua belah pihak dalam pelaksanaan eksekusi. Dalam eksekusi melalui penjualan di bawah tangan terdapat banyak keuntungan yaitu pihak debitur dapat ikut berperan secara langsung dalam proses eksekusi, dapat diperoleh nilai yang tinggi atas obyek jaminan dijual dibawah tangan dibanding lewat proses pelelangan umum, selain itu juga biaya murah, mudah dan cepat. b) Upaya perlindungan terhadap debitur selaku pemberi Hak Tanggungan dapat dilakukan melalui penilaian terhadap obyek jaminan dengan menggunakan penilai intern Bank atau menggunakan jasa penilai independent. Penilaian dilakukan oleh Bank secara berkala agar nilai jaminan tersebut up to date sehingga pada waktu penjualan jaminan, minimal mendekati harga pasar dan debitor tidak dirugikan. Selain itu Bank juga memberikan kesempatan kepada debitor untuk mencari pembeli atau menjual sendiri jaminan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.322/07 Suk p
Uncontrolled Keywords: WARANTY - PROTECTION
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
DEBY SUKMASARI, 030315587UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Moch. Isnaeni, Prof. Dr., SH., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 26 Aug 2008 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 21:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item