KEABSAHAN RESI GUDANG SEBAGAI SURAT BERHARGA

JHOFFINA DETASARY S., 030415936 (2008) KEABSAHAN RESI GUDANG SEBAGAI SURAT BERHARGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-jhoffinade-7818-fh4708.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Bahwa berdasarkan uraian yang telah disebutkan dalam bab II, maka dapat diketahui Resi Gudang adalah kurang tepat untuk disebut sebagai surat berharga. Resi gudang yang dalam Undang-undang Sistem Resi Gudang disebutkan dapat diperdagangkan, diperjualbelikan, dipertukarkan, atau digunakan sebagai jaminan bagi pinjaman, maupun digunakan sebagai dokumen penyerahan barang serta bentuk resi gudang yang terdiri dari resi gudang atas nama dan resi gudang atas perintah (Pasal 3 ayat (1) UU Sistem Resi Gudang) dengan cara pengalihan resi gudang yang sama dengan pengalihan surat berharga memperkuat pemikiran bahwa resi gudang adalah sejenis surat berharga dalam arti sebagai negotiable instrument. Resi gudang tidak dapat digunakan sebagai alat bayar pengganti uang tunai dalam transaksi perdagangan yang merupakan fungsi utama dari suatu surat berharga maka resi gudang tidak termasuk dalam kategori surat berharga dalam arti sebagai waarde papieren. Fungsi dari resi gudang adalah sebagai dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang dengan mengadopsi konstruksi hukum dari konosemen tidak menjadikan resi gudang sebagai suatu alat bayar dan/atau memiliki hak tagih di dalamnya. 2. Resi gudang memiliki fungsi yang sama dengan ceel yakni sebagai bukti kepemilikan atas barang dan dapat digunakan sebagai jaminan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.47/08 Jho k
Uncontrolled Keywords: NEGOTIABLE INSTRUMENTS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3400-3431 Administrative law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
JHOFFINA DETASARY S., 030415936UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorZahri Vandawati Chumaida, , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 11 Nov 2008 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item