HAK ATAS TANAH DI LOKASI TRANSMIGRASI LOKAL YANG BERASAL DARI HAK ERFPACHT (STUDI KASUS DI DESA SUMBER AGUNG, KECAMATAN PLOSOKLATEN, KABUPATEN KEDIRI)

HARI KRISTIANTO WAHYU KURNIAWAN, 030215358 (2006) HAK ATAS TANAH DI LOKASI TRANSMIGRASI LOKAL YANG BERASAL DARI HAK ERFPACHT (STUDI KASUS DI DESA SUMBER AGUNG, KECAMATAN PLOSOKLATEN, KABUPATEN KEDIRI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-kurniawanh-2384-kkbkk-2-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-kurniawanh-2384-fh2670-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Kesimpulan a. Tanah dengan verponding nomor 52 Persil Bandulan I Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri pada awalnya, yaitu pada tahun 1887, merupakan tanah yang dilekati dengan hak erfpacht yang tunduk pada Burgerl jk Wetboek. Pada tahun 1960 diundangkanlah UUPA yang didalamnya mengatur konversi hak-hak barat termasuk hak erfpacht sebagaimana yang sedang melekat pada tanah tersebut. UUPA mengatur bahwa hak erfpacht tersebut dikonversi menjadi Hak Guna Usaha yang berlaku hingga jangka waktu yang ditetapkan pada hak sebelumnya berakhir. Dengan berakhirnya jangka waktu tersebut maka tanah tersebut menjadi tanah negara. b. Sebagai tanah negara maka negara memiliki wewenang yang luas dan penuh atas tanah tersebut. Negara berwenang untuk memberikan tanah tersebut kepada seseorang atau badan-hukum dengan sesuatu hak menurut peruntukan dan keperluannya. Saran a. Permasalahan siapakah yang berwenang untuk menguasai tanah yang dipermasalahkan para pihak diatas seharusnya dapat diselesaikan dengan sikap tegas dari Badan Pertanahan Nasional yang menyatakan bahwa tanah tersebut adalah tanah negara sehingga negaralah yang berwenang secara penuh untuk mengatur tanah tersebut. b. Berkenaan dengan status tanah negara, maka negara perlu segera memberikan hak atas tanah kepada para peserta transmigrasi untuk memberikan kepastian hukum terhadap kepemilikan tanahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 267/06 Kur h
Uncontrolled Keywords: LAND REFORM - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
HARI KRISTIANTO WAHYU KURNIAWAN, 030215358UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUrip Santoso, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 03 Oct 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 20:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item