PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENURUNAN MUTU PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURABAYA

Wahyu Purwanti, 030111020 U (2006) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENURUNAN MUTU PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-purwantiwa-2590-kkbkk-2-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-purwantiwa-2590-fh2860-u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan a. PDAM sebagai pengelola dan pemasok air minum di Surabaya, dalam memberikan pelayanan kepada konsumen masih belum sesuai dengan ketentuan UUPK. Ada kewajiban PDAM selaku pelaku usaha yang masih belum diberikan kepada konsumen. Hak-hak konsumen masih diabaikan. Pelayanan PDAM Surabaya khususnya dalam mendistribusikan air minum yang layak untuk dikonsumsi oleh konsumen masih tergolong buruk. Sebagai bukti adalah banyaknya keluhan konsumen PDAM, bahwa air minum yang disalurkan dari rumah ke rumah tidak memenuhi standart kesehatan. b. Dalam tanggung gugat PDAM bertujuan untuk memperoleh kompensasi atas kerugian konsumen PDAM yang diderita. Tanggung gugat dapat berdasarkan wanprestasi jika salah satu pihak tidak memenuhi kewajiban dalam perjanjian. Sedangkan tanggung gugat berdasarkan perbuatan melanggar hukum yaitu perbuatan yang melanggar dan tidak sesuai dengan Undang-Undang, norma-norma kepatutan, ketelitian dan kehati-hatian dalam masyarakat. Dalam membuktikan bersalah tidaknya atas kerugian yang diderita oleh konsumen, maka PDAM Kota Surabaya harus membuktikan bahwa dirinya tak bersalah dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Beban pembuktian terbalik ini merupakan ketentuan yang bersifat khusus sebagai penyimpangan atas ketentuan umum bahwa konsumen PDAM yang harus membuktikan kesalahan PDAM dalam kasus perbuatan melanggar hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 286/06 Pur p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION ; LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Wahyu Purwanti, 030111020 UUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGianto Al Imron, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 16 Oct 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item