PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM SISTEM HUKUM PIDANA DI INDONESIA

KUKUH LEKSONO SUMINARING ADITYA, 030810362 (2011) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM SISTEM HUKUM PIDANA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-adityakuku-19702-fh63-12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Eksistensi korporasi sebagai salah satu jawaban atas kebutuhan perkembangan zaman di Indonesia membawa dua permasalahan dalam pembebanan pertanggungjawaban pidana jika terjadi suatu tindak pidana yang dilakukan oleh korporasi yaitu, kapan suatu korporasi dapat dikenakan sanksi pidana dan bagaimana pertanggungjawaban korporasi dalam peraturan perundang-undangan yang mengakui korporasi sebagai suatu subyek hukum. Dengan menggunakan tipe penelitian Doctrinal Research yang sejenis dengan tipe penelitian normatif yuridis dan pendekatan perundang-undangan serta pendekatan konseptual, maka dapat diketahui bahwa suatu korporasi yang berbentuk badan hukum bertanggungjawab apabila tindak pidana yang dilakukan merupakan suatu perbuatan intra vires dan adanya pelimpahan kewenangan dalam pelaksanaan, sedangkan untuk korporasi bukan badan hukum pembebanan pertanggungjawaban mengadopsi konsep dari hukum perdata dengan adanya pendelegasian dan kemanfaatan yang diperoleh korporasi tersebut. Selain itu dapat diketahui juga bahwa tidak diaturnya pembebanan pertanggungjawaban pidana terhadap korporasi dalam KUHP membawa implikasi tersebarnya pengaturan tersebut dalam berbagai peraturan perundang-undangan diluar KUHP sehingga memberikan batasan-batasan yang berbeda mengenai pertanggungjawaban suatu korporasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FH 63/12 Adi p.
Uncontrolled Keywords: COMMERCIAL CRIMES ; LIABILITY (LAW)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3476-3560 Public property. Public restraint on private property
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
KUKUH LEKSONO SUMINARING ADITYA, 030810362UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAMBANG SUHERYADI, S.H.,M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 22 Mar 2012 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 10:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13414
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item