IMPLIKASI YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NO.65/PUU-VIII/2010 TERHADAP PERUBAHAN KEDUDUKAN SAKSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG HUKUM ACARA PIDANA

Anindita Pratitaswari, 030810087 (2012) IMPLIKASI YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NO.65/PUU-VIII/2010 TERHADAP PERUBAHAN KEDUDUKAN SAKSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG HUKUM ACARA PIDANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-pratitaswa-19985-fh22-12-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makna Saksi dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana(KUHAP) jika diartikan menurut interpretasi gramatikal memiliki makna yang sangat sempit yaitu orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan, penuntutan, dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang yang ia lihat, dengar dan alami sendiri. Setelah adanya Putusan Mahkamah Konstitusi No.65/PUU-VIII/2010 makna saksi diperluas yaitu arti penting saksi tidak selalu ia melihat, dengar dan alami sendiri suatu peristiwa pidan melainkan keterangannya ada relevansinya dengan perkara pidana yang sedang diproses. Adapun parameter makna saksi relevan agar diterima sebagai alat bukti tidak diatur lebih lanjut dalam putusan ini sehingga berdasarkan hasil deep interview dan peraturan yang terkait dapat diartikan yaitu keterangannya mampu menjawab fakta materiil yang ada, keterangannya tidak menimbulkan ketidakadilan, serta keterangannya mempengaruhi secara langsung dan tidak langsung fakta materiil yang dicari. Adapun kewenangan untuk menilai siapa saksi yang relevan diperlukan lembaga pengawas yang secara aktif berperan menyortir saksi yang diajukan oleh para pihak sebelum diajukan ke persidangan, selain itu juga sebagai terobosan dapat pula diajukan pra peradilan terhadap upaya paksa apabila saksi yang diajukan tidak dipenuhi oleh aparat penegak hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 22/12 Pra i
Uncontrolled Keywords: PROTECTION � LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Anindita Pratitaswari, 030810087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTaufik Rachman, S.H., L.L.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 16 Apr 2012 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 11:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item