TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG DALAM ASURANSI PERJALANAN

GRISTIANA FESTI, 030911056 (2013) TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG DALAM ASURANSI PERJALANAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-festigrist-24145-6.abstr-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
GRISTIANA FESTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa saat ini asuransi perjalanan merupakan syarat utama untuk mengajukan visa bila kita hendak bepergian ke luar negeri. Banyak orang yang belum memahami tentang tanggung jawab penanggung. Hal ini dikarenakan pihak penangung yang tidak memberikan polis asuransi kepada tertanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah pemahaman yang lengkap mengenai tanggung jawab dari pihak penanggung dan untuk menjawab dua rumusan masalah yang terdapat di dalam penelitian ini, yakni bentuk tanggung jawab penanggung terhadap kerugian yang diderita tertanggung selama berada diluar negeri dan bentuk pemberian ganti kerugian secara adil oeh penanggung. Metode pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah statute approach, conceptual approach dan case approach. Statute approach digunakan dengan cara mengkaji ketentuan hukum didalam peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan asuransi, teori maupun asas-asas hukum yang terkait. Conceptual approach digunakan dengan cara mengkaji konsep-konsep hukum tentang asuransi dari pandangan dan doktrin-doktrin yang dikemukakan oleh para ahli hukum yang terkemuka. Case approach digunakan dengan cara mengkaji contoh-contoh kasus hukum. Berdasarkan analisa terhadap dua rumusan masalah, maka didapatkan hasil bahwa bentuk tanggung jawab penanggung didalam asuransi perjalanan adalah membayar ganti kerugian yang diderita tertanggung selama berada diluar negeri. Pemberian ganti kerugian secara adil kepada tertanggung adalah dengan memperhatikan asas proporsionalitas yang tidak mempermasalahkan mengenai nilai matematis tetapi melalui pembagian hak dan kewajiban yang adil di antara para pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 35/13 Fes t
Uncontrolled Keywords: INSURANCE - LAW AND LEGISLATION; TRAVELERS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1241-1287 Insurance
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
GRISTIANA FESTI, 030911056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorZahry Vandawati Chumaida, S.H, M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Apr 2013 12:00
Last Modified: 29 Jul 2016 10:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item