PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DARI HASIL KEJAHATAN NARKOTIKA

DWI DARA AGUSTINA, 030911133 (2013) PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DARI HASIL KEJAHATAN NARKOTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-agustinadw-24790-6.abstr-k.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
DWI DARA AGUSTINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencucian uang mengandung pengertian bahwa suatu kegiatan menyamarkan atau menyembunyikan asal-usul harta kekayaan yang diperoleh dari suatu hasil kejahatan. Suatu rezim anti-pencucian uang yang efektif sangat berpengaruh terhadap uapaya memerangi kejahatan peredaran gelap narkoba dengan cara menghambat masuknya uang kotor atau hasil bisnis haram tersebut ke dalam sistem keuangan. Pasal 2 Undang-undang No.8 Tahun 2010 telah mencantumkan mengenai sumber perolehan uang haram yang salah satunya berasal dari tindak pidana di bidang narkotika. Sehingga kejahatan narkotika merupakan salah satu kejahatan asal (predicate crime) dari adanya tindak pidana pencucian uang. Kejahatan peredaran gelap narkoba sudah sejak lama diyakini memiliki kaitan yang erat dengan proses pencucian uang. Hal ini dikarenakan hasil yang diperoleh dari kejahatan tersebut berjumlah cukup besar sehingga besar kemungkinan untuk dilakukan praktek pencucian uang. Dengan kondisi yang demikian membutuhkan penanganan yang serius agar praktek pencucian uang dari hasil kejahatan narkotika dapat diminimalisir dengan baik. Skripsi ini membahas mengenai kedudukan Badan Narkotika Nasional sebagai penyidik tindak pidana pencucian uang dari hasil kejahatan narkotika serta mengenai pembuktian yang dilakukan dalam adanya praktek pencucian uang dari hasil kejahatan narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 63/13 Agu p
Uncontrolled Keywords: MONEY LAUNDERING; NARCOTICS PROPERTY OF THE CRIME
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6774-7220.5 Crimes and criminal classes
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DWI DARA AGUSTINA, 030911133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTOETIK RAHAYUNINGSIH, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Jun 2013 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 10:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13460
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item