PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK

BAYU PURNA SATRIA, 030710049 (2013) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-satriabayu-25103-6.abstr-k.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
BAYU PURNA SATRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia makin berkembang pesat. Salah satu teknologi yang paling sering digunakan adalah Internet. Pengguna Internet di Indonesia dalam waktu cukup singkat, pertumbuhannya sangat cepat. Seiring dengan perkembangan teknologi Internet, terjadi pula perkembangan yang masih berkaitan dengan Internet, salah satunya dalam bidang transaksi perdagangan yang disebut dengan trasaksi elektronik / electronic commerce (e-commerce). Melalui media Internet kita dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli karena dapat diakses oleh siapapun. Akan tetapi jaringan Internet yang menggunakan jaringan publik, maka masalah keamanan menjadi suatu hal yang rentan dan perlu dicermati. Hal ini memunculkan polemik dalam masyarakat, sebab di satu sisi transaksi e-commerce mendatangkan keuntungan, tetapi di sisi lain juga memiliki kelemahan dari segi keamanan karena penggunaan jaringan publik dan transaksinya bersifat tidak langsung (faceless nature). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah memberikan gambaran maupun penjelasan mengenai perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi e-commerce menurut yang telah diatur di dalam Undang – Undang Perlindungan Konsumen dan Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, telah memberikan kebutuhan akan keamanan bagi konsumen ataukah belum dan mengetahui sekaligus memahami upaya hukum dan mekanisme yang dapat ditempuh oleh konsumen apabila terjadi sengketa dalam melakukan transaksi e-commerce menurut hukum positif. UUPK dan UU ITE telah mampu memberikan perlindungan hukum yang memadai bagi konsumen dalam kegiatannya melakukan transaksi jual beli melalui media elektronik. Bentuk perlindungan hukum dapat dilihat dalam ketentuan – ketentuan UUPK dan UU ITE mengenai hak dan kewajiban para pihak, konsumen dan pelaku usaha, larangan bagi pelaku usaha, pencantuman klausula baku, juga tanggung jawab oleh pelaku usaha atas kerugian konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 82 / 13 Sat p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION - LAW AND LEGISLATION; ELECTRONIC COMMERCE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
BAYU PURNA SATRIA, 030710049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGIANTO AL IMRON, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Jul 2013 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 00:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item