URGENSI PENGATURAN KLAUSULA LIQUIDATED DAMAGES DALAM KONTRAK KOMERSIAL

I GUSTI AYU PRASAVITA, 030911035 (2013) URGENSI PENGATURAN KLAUSULA LIQUIDATED DAMAGES DALAM KONTRAK KOMERSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prasavitai-25109-6.abstr-k.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
I GUSTI AYU PRASAVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam hukum kontrak terdapat beberapa prinsip yang dapat diterapkan untuk pembentukan kontrak. Prinsip yang paling sentral yakni prinsip kebebasan berkontrak. Dengan adanya prinsip kebebasan berkontrak, para pihak bebas menentukan isi kontrak termasuk dalam hal mencantumkan klausula-klausula dalam kontrak. Dalam pembentukan kontrak komersial diantara para pelaku bisnis, dengan berdasar pada prinsip kebebasan berkontrak, saat ini sedang popular digunakan klausula liquidated damages untuk memfasilitasi para pihak apabila suatu hari dalam kontrak tersebut terjadi wanprestasi. Skripsi ini membahas tentang urgensi pengaturan klausula “liquidated damages”, berdasarkan dari keadaan banyak kontrak komersial saat ini yang menerapkan kalusula tersebut dalam isi kontraknya, beserta perlindungan bagi para pihak atas diberlakukannya klausula liquidated damages baik dari putusan pengadilan internasional maupun di Indonesia. Prinsip – prinsip hukum kontrak yang berlaku dalam penuangan kalusula liquidated damages tidak hanya prinsip kebebasan berkontrak saja, tetapi juga dengan prinsip-prinsip lainnya dalam hukum kontrak yang menjadi dasar dalam penuangan klausula liquidated damages ke dalam kontrak komersial. Selama dalam hubungan kontrak komersial tidak dapat dipungkiri bila suatu saat dalam kontrak tersebut terjadi sengketa atau ketidaksepahaman diantara para pihak. Penerapan klausula liquidated damages dalam kontrak bertujuan untuk memfasilitasi terjadinya keterlambatan pengerjaan kewajiban dari para pihak. Jumlah dari liquidated damages tersebut sejak awal sudah ditetapkan dengan presentase dari nilai kontrak sesuai dengan yang disepakati para pihak. Dalam hal munculnya sengketa dalam kontrak, pengadilan secara proporsional dapat mengurangi jumlah liquidated damages apabila dirasa kerugian yang ditimbulkan tidak reasonable dengan jumlah liquidated damages yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 77 / 13 Pra u
Uncontrolled Keywords: COMMERCIAL LAW; CONTRACTS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
I GUSTI AYU PRASAVITA, 030911035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFAIZAL KURNIAWAN, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Jul 2013 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13471
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item