DESAIN TRANSACTION PROCESSING SYSTEM DALAM MENGHASILKAN LAPORAN PENJUALAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PERNIKMUSLIM.COM SURABAYA

LUSTY AULIYA COSINTA, 040831084 (2011) DESAIN TRANSACTION PROCESSING SYSTEM DALAM MENGHASILKAN LAPORAN PENJUALAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PERNIKMUSLIM.COM SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-cosintalus-18687-a139--d.pdf-abstrak.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-cosintalus-18687-a139--d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PernikMuslim, perusahaan e-commerce yang menggeluti usaha penjualan produk-produk Islam dan herbal di Indonesia secara online. Memiliki alamat toko online di www.PernikMuslim.com, PernikMuslim menjual produknya secara retail langsung ke konsumen akhir. Aktivitas utama PernikMuslim adalah penjualan online melalui website toko online. Melalui website, Pernik Muslim menyediakan fasilitas dimana customer bisa melakukan transaksi sendiri secara online dengan mudah dan cepat. Usaha e-commerce mulai marak ada di Indonesia. Hal ini terjadi mengikuti perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mengutamakan kepraktisan. Penjualan online adalah salah satu yang menjadi pilihan. Kemudahan, kecepatan serta kenyamanan yang diberikan, menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat. Hal ini ditunjang dengan adanya sistem penjualan online yang teraplikasi di website maupun sistem Transaction Processing System di dalam perusahaan. Sistem yang ada sudah seharusnya menghasilkan laporan yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh manajemen. Transaction Processing System yang baik, yang mendukung Marketing Information System akan menghasilkan keputusan manajemen yang cepat dan tepat. Pemrosesan pesanan di PernikMuslim masih dilakukan secara manual. Data yang didapat melalui website belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan. Database antar bagian perusahaan belum terintegrasi, sehingga banyak waktu tunggu. Akibatnya, manajemen tidak mendapatkan informasi guna pengambilan keputusan strategik maupun operasional. Hal ini menyebabkan keputusan yang dihasilkan tidak tepat karena didasarkan pada informasi yang tidak tepat pula. Dibutuhkan rancangan Transaction Processing System yang baik dan mendukung Marketing Information System untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan manajemen. Penelitian ini memfokuskan pada perancangan Transaction Processing System yang mendukung Marketing Information System untuk menghasilkan output berupa laporan yang dapat memberikan informasi yang tepat dan lengkap kepada manajemen guna pengambilan keputusan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan membandingkan hasil observasi langsung di perusahaan dengan teori-teori yang didapat dari literatur untuk kemudian disusun dan dianalisa, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 139 / 11 Cos d
Uncontrolled Keywords: TRANSACTION SYSTEMS (COMPUTER SYSTEMS)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
LUSTY AULIYA COSINTA, 040831084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDebby R. Daniel, Dr. rer. Pol., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Jan 2012 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 09:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item